Peningkatan Pembelajaran PKn Melalui Teams Games Tournament Berbasis CD Interaktif, Siswa Kelas V SD Maitan 03 Kabupaten Pati

Alik Ghufron, 1401909025 (2012) Peningkatan Pembelajaran PKn Melalui Teams Games Tournament Berbasis CD Interaktif, Siswa Kelas V SD Maitan 03 Kabupaten Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan refleksi awal yang dilakukan peneliti bersama 2 orang tim kolaborasi, menemukan beberapa masalah selama pembelajaran PKn di kelas V SD N Maitan 03 Kabupaten Pati. Pembelajaran yang dilakukan guru dengan materi Negara Kesatuan Republik Indonesia belum mencapai hasil optimal. Hal ini karena guru kurang variatif dalam menerapkan model pembelajaran dan media pembelajaran kurang variatif. Sehingga siswa kurang aktif dan pembelajaran terasa membosankan. Pembelajaran yang demikian berdampak pada hasil belajar dengan rata-rata kelas 56,5 di bawah KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti berketetapan menerapkan model kooperatif tipe TGT berbasis CD Interaktif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah model kooperatif tipe TGT berbasis CD Interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SD N Maitan 03 pada mata pelajaran PKn. Tujuan umum penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran PKn pada siswa kelas V SD Maitan 03 Kabupaten Pati melalui model kooperatif tipe TGT berbasis CD Interaktif, tujuan khususnya adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui model kooperatif tipe TGT berbasis CD Interaktif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan setiap siklus terdiri atas 1 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Maitan 03 Kabupaten Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 25 kategori baik. Siklus II mendapat skor 27 kategori baik dan siklus III mendapat skor 30 kategori baik sekali. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor rata-rata 25 dengan kategori baik. Siklus II mendapat skor rata-rata 26,2 dengan kategori baik dan siklus III mendapat skor rata-rata 29,9 dengan kategori baik sekali. Hasil belajar siswa kelas V pada siklus I nilai rata-rata 75,5 dan persentase ketuntasan klasikal 80 %. Siklus II nilai rata-rata 68,5 dan persentase ketuntasan klasikal 60 % terjadi penurunan karena penurunan konsentrasi siswa. Siklus III nilai rata-rata 77,5 dan persentase ketuntasan klasikal 85 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran melalui TGT berbasis CD Interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Maitan 03 Kabupaten Pati. Saran bagi guru adalah guru sebaiknya memilih berbagai model pembelajaran yang inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PKn, Teams Games Tournament, CD Interaktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Aug 2012 00:14
Last Modified: 16 Aug 2012 00:14

Actions (login required)

View Item