PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA VIRGO FIDELIS BAWEN TAHUN 2009/2010
Ervin Tri Wahyudi , 7101406668 (2010) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA VIRGO FIDELIS BAWEN TAHUN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA VIRGO FIDELIS BAWEN TAHUN 2009/2010)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Beberapa faktor diantaranya adalah motivasi belajar siswa dan variasi gaya mengajar guru. Motivasi merupakan faktor internal yang mendasari siswa untuk mau belajar, tanpa motivasi siswa tidak dapat belajar secara maksimal. Variasi gaya mengajar yang dilakukan guru dirasa penting, guna untuk menghindari rasa bosan dan jenuh pada siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA virgo Fidelis Bawen? (2) Adakah pengaruh variasi gaya mengajar terhadap prestasi belajar akuntamsi siswa kelas XI IPS SMA Virgo Fidelis Bawen? (3) Adakah pengaruh motivasi belajar dan variasi gaya mengajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Virgo Fidelis Bawen?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa dan variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Virgo Fidelis Bawen Tahun 2009/2010. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Virgo Fidelis Bawen Tahun 2009/2010 sebanyak 76 siswa yang tersebar dalam 3 kelas. Penelitian ini adalah penelitian populasi sehingga tidak ada sampel. Terdapat tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: motivasi belajar (X1), variasi gaya mengajar (X2) dan prestasi belajar (Y). Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Uji Instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas . Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh model regresi Y= - 82,882+0,759X1+1,122X2, uji parsial dan simultan diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh motivasi belajar dan variasi gaya mengajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Virgo Fidelis Bawen Tahun 2009/2010 adalah sebesar 48,7% dan 51,3% dipengaruhi faktor lain yang tidak dikaji. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh motivasi belajar dan variasi gaya mengajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Virgo Fidelis Bawen Tahun 2009/2010 secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian tersebut menyarankan kepada mahasiswa agar meningkatkan motivasi belajarnya dan guru selalu memberikan variasi-variasi dalam proses pengajarannya untuk menghindari timbulnya rasa bosan pada siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung. -------------------------------------------------------> Learning achievement is influenced by internal and external factors. Several factors such as student motivation and teachers' teaching style variations. Motivation is an internal factor underlying the students to want to learn, without the motivation of students can not learn the most. The variation of teaching styles that teachers are important, in order to avoid feeling bored and tired of the students when the teaching-learning process took place. The problems examined in this study were (1) Is there any influence of motivation to learn on accounting students' learning achievement high school social studies class XI Virgo Fidelis Bawen? (2) Is there any effect of variation in teaching styles to student learning achievement akuntamsi high school social studies class XI Virgo Fidelis Bawen? (3) Is there any motivation influences learning and teaching style variation of accounting students' learning achievement of high school social studies class XI Virgo Fidelis Bawen? This study aims to determine the influence of students' motivation and teachers' teaching style variation of accounting students' learning achievement of high school social studies class XI Virgo Fidelis Bawen Year 2009/2010. Based on the results obtained by regression analysis regression model Y = -82.882 +0.759 X1 +1.122 X2, and simultaneously acquired partial test of significance 0.000 <0.05. The amount of influence motivation to learn and teach various styles of accounting students' learning achievement of high school social studies class XI Virgo Fidelis Bawen Year 2009/2010 is 48.7% and 51.3% influenced by other factors not assessed. Based on the results of research can be concluded that there are variations influence learning motivation and teaching styles of accounting students' learning achievement of high school social studies class XI Virgo Fidelis Bawen Year 2009/2010 be partially or simultaneously. The research results suggest to students to enhance their learning motivation and teachers always give variations in the teaching process to avoid boredom on the students when the teaching-learning process took place.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar Siswa, Variasi Gaya Mengajar Guru, Prestasi Belajar Akuntansi. Student Motivation, Teacher Teaching Style Variation, Learning Achievement in Accounting. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 13 Apr 2011 03:52 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1398 |
Actions (login required)
View Item |