Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Air dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Sungai Pada Siswa Kelas IV SD N 1 Rejosari Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal


Tri Mulyanto Widiyanto, 6102909020 (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Air dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Sungai Pada Siswa Kelas IV SD N 1 Rejosari Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Air dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Sungai Pada Siswa Kelas IV SD N 1 Rejosari Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal] Microsoft Word (Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Air dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Sungai Pada Siswa Kelas IV SD N 1 Rejosari Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model pembelajaran aktivitas air yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV SD N 1 Rejosari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran aktivitas air yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV SD N 1 Rejosari yang berupa model pembelajaran melalui aktivitas air dengan pendekatan lingkungan sungai bagi siswa kelas IV SD N 1 Rejosari dalam pembelajaran penjasorkes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan, pengumpulan informasi dan analisis kebutuhan, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model pembelajaran aktivitas air di lingkungan sungai) (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjasorkes dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (melibatkan 12 siswa) sebagai bahan perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (melibatkan 27 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran aktivitas air dengan pendekatan lingkungan sungai bagi siswa kelas IV SD N 1 Rejosari yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil (12 siswa kelas IV SD N 1 Rejosari), dan uji lapangan (27 siswa kelas IV SD N 1 Rejosari). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli lebih dari 4 (kategori baik), persentase hasil uji coba kelompok kecil 91% (sangat baik), dan persentase hasil uji lapangan 92,97% (sangat baik). Berdasarkan data tersebut maka pengembangan model pembelajaran aktivitas air melalui pendekatan lingkungan sungai ini dapat digunakan untuk siswa kelas IV SD N 1 Rejosari Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar menerapkan produk model pembelajaran aktivitas air dengan pendekatan lingkungan sungai pada siswa kelas IV dalam pembelajaran Penjasorkes

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Aug 2012 02:12
Last Modified: 16 Aug 2012 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13979

Actions (login required)

View Item View Item