Motivasi Orang Tua Mengikutsertakan Anaknya Mengikuti Renang Di Klub-klub Renang se Kota Semarang


Fidiya Irmasari, 6101407032 (2011) Motivasi Orang Tua Mengikutsertakan Anaknya Mengikuti Renang Di Klub-klub Renang se Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Motivasi Orang Tua Mengikutsertakan Anaknya Mengikuti Renang Di Klub-klub Renang se Kota Semarang] Microsoft Word (Motivasi Orang Tua Mengikutsertakan Anaknya Mengikuti Renang Di Klub-klub Renang se Kota Semarang) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Dalam penelitian ini permasalahan yang diangkat adalah sejauh mana motivasi orang tua mengikutsertakan anaknya mengikuti renang pada klub-klub renang se Kota Semarang tahun 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi orang tua dalam mengikutsertakan anaknya mengikuti renang di klub renang se Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua yang mengikutsertakan anaknya mengikuti sekolah renang di klub renang se Kota Semarang Tahun 2011. Dalam penelitian ini, mengambil 2 (dua) klub renang yang ada di Kota Semarang untuk memperoleh data. Pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 60 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya motivasi orang tua untuk mengikutsertakan anaknya dalam klub renang di Kota Semarang pada Tahun 2011, termasuk dalam kriteria tinggi. Hal ini ditunjukan dengan distribusi prosentase sebesar 79,37%. Tingginya motivasi orang tua untuk mengikutsertakan anaknya dalam klub renang di Kota Semarang pada Tahun 2011 dipengaruhi oleh beberapa faktor; faktor yang tertinggi adalah agar berprestasi sebesar 86,45%, yang kedua adalah faktor mencapai kebugaran dan postur tubuh ideal sebesar 83,53%, yang ketiga adalah faktor mengisi waktu luang dan rekreasi sebesar 78,11%, yang keempat adalah faktor mengembangkan ketrampilan dan kemampuan sebesar 72,90%, dan yang terakhir adalah faktor mencari teman sebesar 64,72%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa motivasi orang tua sangat tinggi sehingga perlunya memupuk motivasi, baik instrinsik maupun ekstrinsik agar anak dapat memperoleh hasil dan prestasi yang optimal. Adapun saran yang penulis sampaikan adalah kepada orang tua agar lebih memperhatikan anaknya baik melalui bentuk perhatian terhadap perkembangan dan pemenuhan kebutuhan fasilitas renang. Untuk pelatih renang, agar bisa mengembangkan metode renang yang menyenangkan hal ini mengingat tingginya motivasi orang tua untuk mengikutsertakan anak mereka di klub renang, tidak hanya dari faktor prestasi saja, tetapi juga faktor rekreasi, kemudian kepada pengelola renang agar menambahkan fasilitas rekreasi renang, mengingat salah satu faktor motivasi orang tua mengikutsertakan anaknya ke dalam klub renang, agar anak mereka dapat melakukan rekreasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Aug 2012 02:06
Last Modified: 16 Aug 2012 02:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13977

Actions (login required)

View Item View Item