Gambaran Kepadatan Penduduk, Daerah Rawan Banjir, dan Kejadian Diare dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) di Kota Semarang Tahun 2009-2010,

Itsna Fajar Zuliana, 6450407092 (2012) Gambaran Kepadatan Penduduk, Daerah Rawan Banjir, dan Kejadian Diare dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) di Kota Semarang Tahun 2009-2010,. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan di Indonesia, hal ini disebabkan karena masih tingginya angka kesakitan diare. Hampir seluruh daerah di Indonesia berisiko terjangkit diare. Kota semarang merupakan salah satu daerah endemis penyakit diare di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran kepadatan penduduk, daerah rawan banjir, dan kejadian diare dari tahun 2009-2010 di Kota Semarang dengan menggunakan sistem informasi geografis (SIG). Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan crossectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelurahan yang ada di Kota Semarang dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelurahan yang ada di Kota Semarang yaitu 177 kelurahan. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data kepadatan penduduk, daerah rawan banjir, dan kejadian diare dari instansi terkait. Hasil penelitian ini adalah secara spasial, kepadatan penduduk berkorelasi negatif terhadap kejadian diare dan daerah rawan banjir berkorelasi positif terhadap kejadian diare. Saran yang disampaikan penulis yaitu diharapkan adanya pemantauan yang intensif terhadap daerah-daerah dengan kepadatan penduduk tinggi dan daerah rawan banjir dalam hal pencegahan penyakit diare dengan tetap melakukan pemantauan (surveilans) diare secara intensif di seluruh Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepadatan Penduduk, Daerah Rawan Banjir, Kejadian Diare, SIG
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 23:52
Last Modified: 14 Aug 2012 23:52

Actions (login required)

View Item