Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekspor Impor Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kroya Kabupaten Cilacap


Farkhatus Solikhah, 7101408232 (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekspor Impor Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kroya Kabupaten Cilacap. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekspor Impor Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kroya Kabupaten Cilacap] Microsoft Word (Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekspor Impor Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kroya Kabupaten Cilacap) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Proses yang menjadi kendala di SMA Negeri 1 Kroya adalah keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, siswa masih merasa takut dan malu untuk bertanya kalau tidak ada dorongan dari guru, guru masih kurang dalam pengembangan variasi mengajar. Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 1 Kroya kelas XI IPS, diperoleh data bahwa kelas XI IPS 1 memiliki rata-rata nilai ulangan harian sebesar 68,2 yang berarti masih di bawah KKM. Hal diatas menyebabkan perlu adanya penggunaan metode yang tepat dan bervariasi serta media sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar, salah satu alternatifnya dengan menerapkan strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) berbantuan media audio visual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kroya tahun ajaran 2011/2012. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 71,5 dengan ketuntasan klasikal 65,7%, aktivitas siswa sebesar 67,71% dalam kategori tinggi, aktivitas guru dalam pembelajaran sebesar 67,5% atau kategori tinggi. Untuk hasil penelitian siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78,6 dengan ketuntasan klasikal 85,7%, aktivitas siswa 76,57% atau aktivitas siswa dalam kategori tinggi, untuk aktivitas guru sebesar 87,5% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kroya pada materi ekspor impor melalui strategi pembelajaran LSQ berbantuan media audio visual. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian adalah perlu adanya kesiapan guru sebelum memulai pelajaran, guru dapat melakukan perbaikan pembelajaran bagi siswa yang belum tuntas belajar, guru juga ada baiknya meningkatkan penguasaan terhadap berbagai jenis metode mengajar dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti diklat atau seminar pendidikan, sekolah bisa lebih mengembangkan dan memanfaatkan sarana prasarana dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question, Media Audio Visual
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 12:16
Last Modified: 14 Aug 2012 12:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13925

Actions (login required)

View Item View Item