Pengaruh Disiplin Belajar dan Fasilitas Laboratorium Terhadap Prestasi Belajar Mengaplikasikan Administrasi Perkantoran di Tempat Kerja Kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Teuku Umar Semarang


Nurul Mahfudhoh, 7101408203 (2012) Pengaruh Disiplin Belajar dan Fasilitas Laboratorium Terhadap Prestasi Belajar Mengaplikasikan Administrasi Perkantoran di Tempat Kerja Kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Teuku Umar Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Disiplin Belajar dan Fasilitas Laboratorium Terhadap Prestasi Belajar Mengaplikasikan Administrasi Perkantoran di Tempat Kerja Kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Teuku Umar Semarang] Microsoft Word (Pengaruh Disiplin Belajar dan Fasilitas Laboratorium Terhadap Prestasi Belajar Mengaplikasikan Administrasi Perkantoran di Tempat Kerja Kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Teuku Umar Semarang) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah disiplin belajar dan fasilitas laboratorium. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata diklat Mengaplikasikan Administrasi Perkantoran di Tempat Kerja di SMK Teuku Umar Semarang diperoleh informasi bahwa disiplin belajar siswa sudah tinggi dan fasilitas laboratorium cukup baik. Akan tetapi kenyataannya masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 7,5. Berdasarkan hal tersebut permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui bagaimana disiplin belajar, fasilitas laboratorium, dan prestasi belajar mata diklat mengaplikasikan administrasi perkantoran di tempat kerja siswa kelas XII AP SMK Teuku Umar Semarang, (2) untuk mengetahui adakah pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata diklat mengaplikasikan administrasi perkantoran di tempat kerja siswa kelas XII AP SMK Teuku Umar Semarang, (3) untuk mengetahui adakah pengaruh fasilitas laboratorium terhadap prestasi belajar mata diklat mengaplikasikan administrasi perkantoran di tempat kerja siswa kelas XII AP SMK Teuku Umar Semarang, (4) untuk mengetahui adakah pengaruh disiplin belajar dan fasilitas laboratorium terhadap prestasi belajar mata diklat mengaplikasikan administrasi perkantoran di tempat kerja siswa kelas XII AP SMK Teuku Umar Semarang. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XII program keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 67 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus, sehingga semua populasi dijadikan sebagai sampel. Studi penelitian ini disebut sebagai studi populasi atau studi sensus. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solition) release 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y =19,750 + 0,464X1 + 0,498X2. Uji F yang diperoleh Fhitung = 35,472, sehingga H3 diterima.Secara parsial (uji t) disiplin belajar (X1) diperolehthitung = 4,862, sehingga H1 diterima. Variabel fasilitas laboratorium (X2) diperoleh thitung = 4,264, sehingga H2 diterima. Secara simultan (R2) disiplin belajar dan fasilitas laboratorium berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 51,1%. Simpulan penelitian ini adalah disiplin belajar dan fasilitas laboratorium berpengaruh terhadap prestasi belajar baik secara simultan maupun parsial. Disiplin belajar (X1) mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap prestasi belajar siswa (Y). Saran penelitian ini adalah hendaknya pihak sekolah menambah dan memperbaiki peralatan laboratorium khususnya seperti : mesin tik manual, mesin tik elektrik, dan filling cabinet. Kepada siswa untuk dapat menjaga kebersihan ruang laboratorium, dengan melaksanakan piket sesuai jadwal dan membuang sampah pada tempat yang disediakan. Bagi peneliti lanjut disarankan menambah variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Fasiltas Laboratorium dan Prestasi Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 12:13
Last Modified: 14 Aug 2012 12:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13924

Actions (login required)

View Item View Item