Penerapan CTL (Contextual Teaching Learning) Menggunakan Media Ajar Kliping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar "Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan" Kelas XI Pemasaran SMK N 1 Japara Kabupaten Kuningan


Marlina, 7101408197 (2012) Penerapan CTL (Contextual Teaching Learning) Menggunakan Media Ajar Kliping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar "Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan" Kelas XI Pemasaran SMK N 1 Japara Kabupaten Kuningan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan CTL (Contextual Teaching Learning) Menggunakan Media Ajar Kliping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar "Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan" Kelas XI Pemasaran SMK N 1 Japara Kabupaten Kuningan] Microsoft Word (Penerapan CTL (Contextual Teaching Learning) Menggunakan Media Ajar Kliping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar "Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan" Kelas XI Pemasaran SMK N 1 Japara Kabupaten Kuningan) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

CTL adalah suatu konsep belajar di mana guru menghadirkan situasi dunia nyata dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan, sementara siswa memperoleh pengetahuan sedikit demi sedikit, dan dari proses mengkonstruksi sendiri, sebagai bekal memecahkan masalah dalam kehidupannya. Dari hasil observasi awal kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Japara, diperoleh bahwa pada pelaksanaan pembelajaran kompetensi dasar Menemukan Peluang Baru dari pelanggan kurang berkembang, hal tersebut karena proses pembelajaran tersebut hanya terjadi satu arah atau hanya berfokus pada Guru yaitu menggunakan pembelajaran konvensional, sedangkan rata-rata nilai ujian tengah semester tahun pelajaran 2010 sebesar 60,32 dimana terdapat 14 siswa yang nilainya belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) berbantuan media kliping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada kompetensi dasar menemukan peluang baru dari pelanggan kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Japara?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Media kliping dengan model pembelajaran CTL guna meningkatkan prestasi belajar siswa Kompetensi dasar menemukan peluang baru dari pelanggan Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Japara Kabupaten Kuningan. Subyek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Japara yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan. Penelitian ditempuh dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan adalah tercapainya tujuan penelitian ini sesuai dengan alokasi waktu yang dirancang dalam penelitian untuk membahas materi yang ditunjukkan dengan terlampauinya nilai sesuai dengan KKM yang diterapkan Sekolah yaitu 7. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil tes siklus I menunjukkan rata-rata skor sebesar 66,45 dan termasuk dalam kategori rendah. Tes siklus II menunjukkan skor rata-rata sebesar 73,71 dan termasuk dalam kategori tinggi. Jadi, telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 7,3 atau sebesar 10,9%. Perolehan hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran kompetensi dasar menemukan peluang baru dari pelanggan dengan model pembelajaran Kontekstual berbantuan media kliping telah berhasil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Contextual Teaching and Learning (CTL), Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 12:10
Last Modified: 14 Aug 2012 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13923

Actions (login required)

View Item View Item