Keefektifan Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pemanfaatan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Gubug Tahun Ajaran 2011/2012


Westri Gumelaringsih, 7101407283 (2012) Keefektifan Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pemanfaatan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Gubug Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pemanfaatan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Gubug Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Keefektifan Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pemanfaatan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Gubug Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh. Penggunaan metode pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar yang akan dicapai.Salah satu metode pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif oleh guru adalah MetodePembelajaran Think Pair Sharedengan pemanfaatan modul. Metode ini dapat melatih siswa untuk berfikir aktifPermasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan metode Think Pair Share lebih efektif digunakan dan apakah terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS Muhammadiyah Gubug yang yang berjumlah 117 siswa yang terbagi menjadi tiga kelas yaitu XI IPS 1, XI IPS 2 dan XI IPS 3. Sample diambil diambil dari dua kelas yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar ekonomi pada kelas kontrol dan hasil belajar ekonomi pada kelas eksperimen. Metode pengambilan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Analisis data menggunakan Independent Sample T-Test dan Paired Sample T-Test. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode kooperatif Think Pair Share dengan pemanfaatan modul pembelajaran pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar pada kelas kontrol. Selain itu juga pada hasil belajar kelas eksperimen terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai sebelum perlakuaan (pretest) dan nilai setelah perlakuan (posstest) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hasil belajar Ekonomi pada materi Jurnal penyesuaian perusahaan jasa dengan menggunakan metode Think Pair Sharedengan pemanfaatan modul pembelajaran lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional dan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas eksperimen.Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah MetodepembelajarankooperatifThinkPairSharebisa dijadikan alternatif pembelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah Gubug.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Think Pair Share, Modul Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 19:04
Last Modified: 14 Aug 2012 19:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13921

Actions (login required)

View Item View Item