Pengaruh Metode Resitasi dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMP Negeri 25 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012


Wiwik Tariyani, 7101407168 (2012) Pengaruh Metode Resitasi dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMP Negeri 25 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Metode Resitasi dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMP Negeri 25 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Pengaruh Metode Resitasi dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMP Negeri 25 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Pencapaian prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah metode resitasi dan kreativitas guru, dengan adanya penerapan metode resitasi siswa akan mengerjakan tugas dan latihan-latihan soal lainnya maka akan meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi,begitu pula dengan kreativitas guru, dengan adanya kretivitas guru yang bervariasi dan selalu menghasilkan susunan pembelajaran yang baru maka akan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru pengampu mata pelajaran ekonomi diperoleh informasi bahwa metode resitasi sudah baik dan persepsi siswa tentang kreativitas guru sudah bervariasi, akan tetapi kenyataannya masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 6,5. Berdasarkan hal tersebut permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) adakah pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Semarang, (2) adakah pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Semarang, (3) adakah pengaruh metode resitasi dan kretivitas guru terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui adanya pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonom pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Semarang, (2) untuk mengetahui adanya pengaruh metode resitasi dan kreativitas guru mata pelajaran ekonomi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Semarang, (3) untuk mengetahui adanya pengaruh metode resitasi dan kreativitas guru terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Semarang. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 201 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling yang dihitung dengan rumus Slovin sebanyak 129 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode resitasi (X1) dan kreativitas guru (X2) serta variabel terikat yaitu hasil belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solition) release 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode resitasi dan kreativitas guru berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan uji F yang diperoleh Fhitung = 90,821 sehingga H3 yang berbunyi ”Ada pengaruh yang signifikan metode resitasi dan kreativitas guru terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Semarang”.Pada pengujian secara parsial (uji t) untuk variabel metode resitasi (X1) diperoleh thitung = 7,448 dengan signifikansi 0,000<0,05, sehingga H1 yang berbunyi “Ada pengaruh yang signifikan metode resitasi terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Semarang”, ditolak. Untuk variabel kreativitas guru (X2) diperoleh thitung = 7,278, dengan signifikansi 0,000<0,05 sehingga H2 yang berbunyi “Ada pengaruh yang signifikan kreativitas guru terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Semarang”, ditolak. Secara simultan metode resitasi dan kreativitas guru berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 58,4%. Secara parsial pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar sebesar 30,58% dan pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar sebesar 29,59%. Simpulan penelitian ini adalah metode resitasi dan kreativitas guru berpengaruh terhadap hasil belajar baik secara simultan maupun parsial. Metode resitasi (X1) mempunyai pengaruh yang lebih besar daripada kreativitas guru (X2) terhadap hasil belajar (Y), disarankan kepada siswa hendaknya lebih bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan guru dan berusaha mengerjakan sendiri tanpa menyalin pekerjaan dari siswa lain dan memperbanyak latihan mengerjakan soal-soal untuk meningkatkan hasil belajarnya. Pihak sekolah untuk meningkatkan kreativitas guru dalam mengajar hendaknya menambah fasilitas sekolah seperti penggunaan LCD dalam proses belajar mengajar agar siswa tidak merasa bosan karena hanya menggunakan media papan tulis saja. Tujuan adanya penambahan media pembelajaran ini diharapkan akan meningkatkan hasil belajar siswa. Guru disarankan untuk lebih meningkatkan pemberian tugas atau soal-soal bagi siswa agar lebih meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lanjut disarankan untuk menambah variabel lain baik faktor ekstern maupun intern yang berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar siswa, diantaranya mengenai displin belajar, fasilitas, minat, kinerja guru dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Kreativitas Guru dan Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 11:56
Last Modified: 14 Aug 2012 11:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13919

Actions (login required)

View Item View Item