Keefektivan Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) Pada Pembelajaran IPS Terpadu berbasis Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Siswa

Abu Tohir, 7101407143 (2012) Keefektivan Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) Pada Pembelajaran IPS Terpadu berbasis Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Siswa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Salah satu yang mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran. Hasil observasi awal di SMP Negeri 4 Ampel diperoleh data bahwa pembelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII memiliki indikasi belum memenuhi KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran student teams-achievement division (STAD) berbasis konstruktivisme. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran menggunakan pembelajaran student teams-achievement division (STAD) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS? Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui solusi dari permasalahan yang ada. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Ampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sample random sampling, didapat kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan tes. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan program SPSS versi 16. Hasil penelitian diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama (homogeny). Data menunjukkan hasil belajar sebelum perlakuan menunjukkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 50,82 dan kelas kontrol 52,44 sedangkan nilai rata-rata post test untuk kelas eksperimen 74,94 dan kelas kontrol 69,72. Hasil belajar untuk kelas eksperimen meningkat 32,18% dan hasil belajar untuk kelas kontrol meningkat 26,69%. Hasil uji paired sample t-test diperoleh sig (2-tailed)= 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak.Hasil uji t diperoleh sig (2-tailed) = 0,029 kurang dari taraf signifikan (α) = 0,05 maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran kooperatif Student Teams-Achievement Division (STAD) berbasis konstruktivis lebih efektif digunakan pada mata pelajaran IPS Terpadu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VIII di SMP Negeri 4 Ampel dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Guru IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Ampel dapat menggunakan pembelajaran kooperatif Student Teams-Achievement Division (STAD) berbasis konstruktivisme sebagai alternatif dalam mengefektifkan pembelajaran IPS Terpadu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD), Konstruktivisme, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 07:53
Last Modified: 14 Aug 2012 07:53

Actions (login required)

View Item