Meningkatkan Pemahaman Konsep Satuan Pengukuran Panjang, Luas dan Volum melalui Permainan pada Siswa Kelas III SMP Nusantara Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006.


Siti Rofiah, 4102904148 (2006) Meningkatkan Pemahaman Konsep Satuan Pengukuran Panjang, Luas dan Volum melalui Permainan pada Siswa Kelas III SMP Nusantara Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Pemahaman Konsep Satuan Pengukuran Panjang, Luas dan Volum melalui Permainan pada Siswa Kelas III SMP Nusantara Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006.]
Preview
PDF (Meningkatkan Pemahaman Konsep Satuan Pengukuran Panjang, Luas dan Volum melalui Permainan pada Siswa Kelas III SMP Nusantara Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006.) - Published Version
Download (206kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, meningkatkan kemampuan pemahaman konsep satuan pengukuran panjang, luas, volum bangun ruang pada siswa kelas III SMP Nusantara Tuntang, Kabupaten Semarang, melalui metode permainan. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dasar guru dalam pembelajaran yang meliputi aspek keterampilan membuka pelajaran, keterampilan menggunakan metode pembelajaran, keterampilan menggunakan teknik bertanya, keterampilan mengelola kelas dan keterampilan menutup pelajaran. Penelitian dilaksanakan di kelas III SMP Nusantara Tuntang, Kabupaten Semarang dengan materi pembelajarannya adalah satuan pengukuran panjang, luas dan volum pada semester I tahun 2005/2006. Guru matematika dan siswa kelas III SMP Nusantara Tuntang sebagai subyek penelitian. Sedangkan guru matematika yang mengajar di kelas I bertugas sebagai pengamat. Penelitian ini menggunakan 3 siklus. Penelitian diawali dengan menyusun rencana tindakan, mempersiapkan alat bantu permainan dan instrumen penelitian lainnya. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran disajikan dalam bentuk hasil diskusi dengan pengamat, sedang keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran dilaksanakan melalui tes kelompok dan individu. Hasil refleksi setiap siklus digunakan sebagai dasar perencanaan tindakan siklus berikutnya. Melalui diskusi antara penulis dan pengamat dihasilkan beberapa pemecahan masalah berkaitan dengan cara penyajian guru dan pemahaman siswa dalam mengikuti pelajaran dengan metode permainan. Secara umum penelitian ini berdampak positif terhadap pemahaman konsep satuan pengukuran panjang, luas dan volum pada siswa SMP Nusantara Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini terlihat pada daya serap rata-rata siswa 88,78%, ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 97,56% > 85% dan kemampuan mengajar guru termasuk baik dengan skor 3,11. Penulis menyarankan kepada rekan sejawat agar guru matematika dapat melatih diri dalam penerapan Action Research di sekolah tempat bertugas secara berkelanjutan dan berkesinambungan untuk peningkatan mutu pendidikan. Selain itu guru aktif menghimpun berbagai pengalaman yang pernah ditemui dan mencatatnya untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Apr 2011 03:22
Last Modified: 25 Apr 2015 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item View Item