Pengaruh Tarif, Fasilitas, Keamanan, Kenyamanan dan Promosi Terhadap Jumlah Penumpang BRT Di Kota Semarang


Enny Setiya Wardani, 7450406510 (2012) Pengaruh Tarif, Fasilitas, Keamanan, Kenyamanan dan Promosi Terhadap Jumlah Penumpang BRT Di Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Tarif, Fasilitas, Keamanan, Kenyamanan dan Promosi Terhadap Jumlah Penumpang BRT Di Kota Semarang] Microsoft Word (Pengaruh Tarif, Fasilitas, Keamanan, Kenyamanan dan Promosi Terhadap Jumlah Penumpang BRT Di Kota Semarang) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Bus Rapid Transit (BRT) merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memperbaiki sistem transportasi umum, tidak untuk mengurangi jumlah angkot yang telah ada. Hendaknya operasional BRT tidak hanya sekadar meniru program transportasi massal yang sudah dijalankan di Jakarta maupun Yogyakarta karena masing - masing kota memiliki karakteristik yang berbeda. Jika di Jakarta terdapat separator untuk Bus way. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sampai sekarang dari pihak BRT kurang dalam menyampaikan kepada masyarakat. Mereka sebagaian besar tahu tentang BRT dari orang yang menggunakan jasa transportasi BRT bukan dari iklan yang di tawarkan oleh pihak BRT sendiri. Padahal dalam kita memasarkan suatu produk media atau promosi sangat berpengaruh besar. Sehingga dapat menjangkau seluruh masyarakat khususnya pengguna Transportasi BRT. Populasi penelitian ini berjumlah 1.394.262 Penumpang dengan sampel 100 Penumpang. Pengambilan Sampel menggunakan teknik area random sampling berjumlah 100 responden atau jumlah penumpang. Variabel penelitian meliputi Tarif X1, Fasilitas X2, Keamanan X3, Kenyamanan X4, dan Promosi X5 Variabel Terikat Y adalah Jumlah Penumpang. Metode pengumpulan datanya meliputi, wawancara, observasi, dan kuesioner Lingkert. Metode analisis data adalah analisis deskriptif persentase dan Regresi. Jumlah Penumpang sebagai variabel terikat. Variabel bebasnya yaitu tarif, Fasilitas, Keamanan, Kenyamanan dan Promosi. Sedangkan dari hasil pengujian secara simultan d peroleh dari sebesar 19,057 dan signifikansi sebesar 0,000. Dari Uji secara Parsial masing variabel bebas adalah tarif 7,56%. Fasilitas 7,84%, keamanan 7,39%, Kenyamanan 9,12%, Promosi 24,80%. Dan hasil Regresi Linier Y= - 2,487 +0,146 X1+ 0,144 X2+ 0,163 X3+ 0,125X4+ 0,301X5. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat di ambil kesimpulan yang dapat ditarik adalah Ada pengaruh positif antara tarif, fasilitas, keamanan, kenyamanan dan promosi terhadap jumlah penumpang Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Semarang. Saran yang dapat diambil adalah sebaiknya masyarakat tidak ragu akan memilih pelayanan naik BRT, tarif yang jauh relatife murah dibandingkan dengan Bus dalam kota lainnya sebab disamping mendapatkan kenyamanan dan waktu yang relatife lebih cepat dibandingkan bus dalam kota.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tarif, Fasilitas, Keamanan, Kenyamanan, Promosi dan Jumlah Penumpang.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 10:29
Last Modified: 14 Aug 2012 10:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13908

Actions (login required)

View Item View Item