Penggunaan Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Ilustrasi Siswa Kelas VIII SMP IT Cahaya Umat Karangjati


Adi Wicaksono Prabowo, 2401407045 (2012) Penggunaan Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Ilustrasi Siswa Kelas VIII SMP IT Cahaya Umat Karangjati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Ilustrasi Siswa Kelas VIII SMP IT Cahaya Umat Karangjati] Microsoft Word (Penggunaan Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Ilustrasi Siswa Kelas VIII SMP IT Cahaya Umat Karangjati) - Published Version
Download (35kB)

Abstract

Proses belajar mengajar sebaiknya diusahakan agar terjadi variasi aktivitas yang melibatkan semua alat indera siswa. Semakin banyak alat indera yang terlibat untuk menerima informasi (isi pelajaran), semakin besar pula isi pelajaran tersebut dapat dimengerti dan dipertahankan dalam ingatan siswa. Agar pesan-pesan dalam materi yang disajikan dapat diterima dengan mudah (atau pembelajaran berhasil dengan baik), maka pengajar harus berupaya memberikan media yang dapat diproses dengan berbagai indera siswa. Pengertian media dalam hal ini adalah suatu “perantara” yang menjembatani antara penerima pesan (siswa) dan sumber pesan (pengajar). Berdasarkan data, kemampuan menggambar ilustrasi siswa kelas VIII SMP IT Cahaya Umat Karangjati masih rendah, siswa kurang mampu dalam menggambar suatu objek, media yang digunakan kurang efektif, pembelajaran kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini mengangkat dua permasalahan yaitu: (1) bagaimanakah proses pembelajaran ilustrasi siswa Kelas VIII SMP IT Cahaya Umat Karangjati?, dan (2) bagaimanakah efektivitas penggunaan video dalam pembelajaran ilustrasi siswa Kelas VIII SMP IT Cahaya Umat Karangjati?. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui proses pembelajaran ilustrasi siswa Kelas VIII SMP IT Cahaya Umat Karangjati, dan (2) mengetahui efektivitas penggunaan video dalam pembelajaran ilustrasi siswa Kelas VIII SMP IT Cahaya Umat Karangjati. Sedangkan manfaat penelitian ini adalah (1)bagi guru, penelitian tindakan kelas ini memberikan alternatif dan dapat meningkatkan sistem pembelajaran di kelas , khususnya dalam pembelajaran menggambar ilustrasi, (2) bagi sekolah sebagai institusi pendidikan, hasil penelitian ini akan memberikan sumbangan yang baik dalam rangka perbaikan aktivitas dan hasil belajar siswa-siswinya. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Tindakan pada penelitian ini dilakukan dalam dua siklus (siklus I dan siklus II). Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Cahaya Umat Karangjati. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen tes dan nontes. Selanjutnya data kuantitatif dianalisis untuk membandingkan hasil pembelajaran siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan video meningkatkan kemampuan siswa dalam menggambar ilustrasi hal ini dapat dilihat dengan semakin meningkatnya nilai rata-rata siswa dari proses prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada proses prasiklus nilai rata-rata kelas dalam menggambar ilustrasi hanya sebesar 49,67 dan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya sebanyak 2 orang atau sebesar 13,33% dari jumlah siswa. Untuk siklus I nilai rata-rata kelas dalam menggambar ilustrasi mencapai 64,27 dan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat menjadi 6 orang atau sebesar 40% dari jumlah siswa. Sedangkan dalam siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 74,8 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah sebanyak 12 orang atau sebesar 80% dari jumlah siswa. Saran yang dapat diajukan adalah: (1) guru seni rupa hendaknya menggunakan media pembelajaran seperti video yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik subjek belajar, (2) Para pakar atau praktisi pendidikan seni perlu melakukan penelitian serupa dengan mengembangkan video sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Video, Belajar, Ilustrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Aug 2012 03:49
Last Modified: 13 Aug 2012 03:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13843

Actions (login required)

View Item View Item