Perancangan Media Pembelajaran Seni Rupa Tentang Warna untuk SiswaSMP dalam bentuk Multimedia Interaktif


Akhfas Adzim Faishol, 2401407027 (2012) Perancangan Media Pembelajaran Seni Rupa Tentang Warna untuk SiswaSMP dalam bentuk Multimedia Interaktif. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perancangan Media Pembelajaran Seni Rupa Tentang Warna untuk SiswaSMP dalam bentuk Multimedia Interaktif] Microsoft Word (Perancangan Media Pembelajaran Seni Rupa Tentang Warna untuk SiswaSMP dalam bentuk Multimedia Interaktif) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Dengan berkembangnya ilmu teknologi dan seni, maka setiap pembelajaran seni rupa di sekolah juga diharapkan menyesuaikan perubahan dan perkembangan iptekstersebut. Pembelajaran seni rupa terdapat kendala yang salah satunya adalah materi pelajaran seni rupa yang masih disajikan dalam bentuk verbal sehingga siswa sulit memahaminya. Dengan adanya multimedia interaktif sebagai media pembelajaran, maka siswa akan lebih memahami materi karena media tersebut menyajikannya secara visual. Tujuan pembuatan proyek studi ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif tentang warna, (2) menciptakan sebuah media alternatif yang bertujuan untuk menarik minat dalam kegiatan belajar mandiri. Proses penciptaan karya meliputi : (1) tahap persiapan dengan penetapan tujuan dan konsep (2) perancangan desain materi dan tampilan (3) pemilihan alat dan bahan (4) tahap produksi meliputianimasi dan program (5) tahap pengecekan untuk memeriksa program dan memastikan bahwa multimedia interaktif sudah sesuai dengan desain serta berjalan dengan baik (6) proses menggandakan program dan distribusi.(7) evaluasi dengan uji coba media. Melalui proyek studi ini, penulis menciptakan sebuah program multimedia interaktif bagi siswa sebagai media pembelajaran. Program tersebut dikemas dalam bentuk kepingan CD yang dapat dijalankan dengan media komputer. Berdasarkan hasiluji coba yang dilakukan pada 20 siswa SMP, media tersebut dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penulis berharap multimedia interaktif ini dapat bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi siswa SMP sebagai media belajar yang lebih menyenangkan.Dalam merancang sebuah multimedia interaktif untuk pembelajaran sebaiknya mempersiapkan alat dan bahan,memperkaya sumber materi yang akan disampaikan, serta telah membuat desainmedia sehingga pada proses pembuatan media tidak mengalami kendala serta bahan ajar juga dapat tersampaikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Warna, Multimedia Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Aug 2012 03:33
Last Modified: 13 Aug 2012 03:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13841

Actions (login required)

View Item View Item