Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Teknik Pelatihan Terbimbing dan Media Kartu Pengandaian Peribahasapada Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 2 Trangkil, Pati


Nur Aisah, 2101408116 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Teknik Pelatihan Terbimbing dan Media Kartu Pengandaian Peribahasapada Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 2 Trangkil, Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Teknik Pelatihan Terbimbing dan Media Kartu Pengandaian Peribahasapada Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 2 Trangkil, Pati] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Teknik Pelatihan Terbimbing dan Media Kartu Pengandaian Peribahasapada Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 2 Trangkil, Pati) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi,salahsatu permasalahan keterampilan menulispada siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 TrangkilPati adalah rendahnya keterampilan menulis puisi.Rata-rata nilai yang dicapai siswa adalah 57,5. Nilai tersebut masih di bawah KKM yaitu dibawah 70 sehingga perlu upaya untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulispuisi. Rendahnya keterampilan siswa dalam menulis puisi dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu intensitas siswa untuk belajar menulis puisi kurang, kurangnya pemahaman siswa tentang puisi, kurang terampil dalam penentuan diksi, kesulitan dalam menyusun kata-kata padat yang bermakna kias. Selain itu, belum digunakannya teknik dan media yang variatif dalam pembelajaran menulis puisi. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi, yaitu dengan menggunakan teknik pelatihan terbimbing dan media kartu pengandaian peribahasa. Masalah yang dikaji, yaitu (1) Bagaimanakah proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Trangkil Pati saat mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui teknik pelatihan terbimbing dan media kartu pengandaian peribahasa, (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Trangkil Pati setelah mendapatkan pembelajaran menulis puisi melalui teknik pelatihan terbimbing dan media kartu pengandaian peribahasa, dan (3)bagaimanakah perubahan sikap dan tingkah laku siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Trangkil Pati saat mendapatkan pembelajaran menulis puisi melalui teknik pelatihan terbimbing dan media kartu pengandaian peribahasa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi proses pembelajaran menulis puisi dengan teknik pelatihan terbimbing dan media kartu pengandaian peribahasa pada kelas VIIE SMP Negeri 2 Trangkil Pati, (2) mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelasVIIE SMP Negeri 2 Trangkil, setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi dengan teknik pelatihan terbimbing dan media kartu pengandaian peribahasa, (3) mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Trangkil dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan dengan teknik pelatihan terbimbing dan media kartu pengandaian peribahasa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi dengan teknik pelatihan terbimbing dan media kartu pengandaian peribahasa. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel menulis puisi dan penggunaan teknik pelatihan terbimbing dengan media kartu pengandaian peribahasa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil keterampilan menulis puisi siswa dan nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi, tanggapan siswa dari hasil wawancara, dan dokumentasi foto. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan cara membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan proses pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Trangkil Pati saat dilakukan tindakan penelitian menulis puisi dengan teknik pelatihan terbimbing dan media kartu pengandaian peribahasa. Siswa sudah memperhatikan penjelasan guru dengan seksama, bisa bekerjasama dengan teman satu kelompoknya, siswa berdiskusi dengan tertib dan tidak gaduh, bisa menulis puisi sesuai dengan petunjuk yang ada di lembar kerja. Selain itu, siswa juga bisa memberikan tanggapan terhadap puisi karya teman dengan santun dan lebih percaya diri. Selain peningkatan proses pembelajaran, terjadi peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Trangkil Pati setelah dilakukan tindakan penelitian menulis puisi dengan teknik pelatihan terbimbing dan media kartu pengandaian peribahasa. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari hasil tes siklus I dan tes siklus II. Pada siklus I hanya terdapat 8 siswa atau 26% yang mencapai nilai ketuntasan dengan nilai rata-rata siswa hanya mencapai 64 dan termasuk dalam kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 90% atau ada 28 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata adalah 79 dan termasuk kategori baik. Hasil tersebut sudah mencapai nilai ketuntasan belajar menulis puisi yang ditetapkan oleh guru, yaitu sebesar 70. Peningkatan keterampilan menulis puisi diikuti perubahan perilaku siswa. Berdasarkan hasil observasi, aspek keterbukaan mengalami peningkatan dari 71% menjadi 74%, aspek ketekunan mengalami peningkatan dari 68% menjadi 77%, aspek kerajinan mengalami peningkatan dari 71% menjadi 83%, aspek tenggang rasa mengalami peningkatan dari 84% menjadi 87%, aspek kedisiplinan mengalami peningkatan dari 74% menjadi 87%, aspek kerja sama mengalami peningkatan dari 75% menjadi 87%, aspek ramah dengan teman mengalami peningkatan dari 81% menjadi 83%, aspek hormat pada guru mengalami peningkatan dari 81% menjadi 87%, aspek kejujuran mengalami peningkatan dari 81% menjadi 83%, aspek menepati janji mengalami peningkatan dari 74% menjadi 77%, aspek kepedulian mengalami peningkatan dari 68% menjadi 87%, dan aspek tanggung jawab mengalami peningkatan dari 74% menjadi 81%. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan agar guru mampu memilih teknik dan media yang tepat serta inovatif sehingga menciptakan pembelajaran yang efektif. Teknik pelatihan terbimbing dan media kartu pengandaian peribahasadapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran menulis puisi. Bagi peneliti, sebaiknya ada penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan teknik dan media yang lain untuk menambah khasanah ilmu bahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis puisi, teknik pelatihan terbimbing, media kartu pengandaian peribahasa.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Aug 2012 03:19
Last Modified: 10 Aug 2012 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13797

Actions (login required)

View Item View Item