Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Media Film Animasi dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Bertanya pada Siswa Kelas V SD Assalamah Ungaran Semarang


Lilis Norliyana, 2101405627 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Media Film Animasi dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Bertanya pada Siswa Kelas V SD Assalamah Ungaran Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Media Film Animasi dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Bertanya pada Siswa Kelas V SD Assalamah Ungaran Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Media Film Animasi dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Bertanya pada Siswa Kelas V SD Assalamah Ungaran Semarang) - Published Version
Download (36kB)

Abstract

Menulis sebagai salah satu kegiatan yang harus dihadapi siswa dalam proses pembelajarn, terutama untuk mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi guru harus sering memberikan latihan dan motivasi pada siswa untuk menulis. Selain itu guru juga harus selalu memberikan bimbingan secara intensif pada siswa serta lebih aktif dan kreatif dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran. Dari kenyataan tersebut muncul permasalah yang menarik untuk diteliti yaitu: 1) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Assalamah Ungaran Semarang setelah mendapatkan pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan media film animasi melalui pendekatan kontekstual komponen bertanya ? dan 2) Bagaimanakah perubahan sikap dan tingkah laku siswa kelas V SD Assalamah Ungaran Semarang setelah mendapatkan pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan media fiml animasi melalui pendekatan kontekstual komponen bertanya ?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran menulis dengan menggunakan media film animasi terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Assalamah Ungaran Semarang melalui pendekatan kontekstual komponen bertanya dan 2) Mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa kelas V SD Assalamah Ungaran Semarang setelah mendapatkan pembelajaran menulis narasi dengan media film animasi melalui pendekatan kontekstual komponen bertanya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan media film animasi dengan pendekatan kontekstual komponen bertanya. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Assalamah Ungaran Semarang. Variabel yang diungkap dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media film animasi dengan pendekatan kontekstual komponen bertanya. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen nontes berupa pedoman observasi, jurnal dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis narasi, media film animasi, pendekatan kontektual komponen bertanya
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Aug 2012 02:40
Last Modified: 10 Aug 2012 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13787

Actions (login required)

View Item View Item