Pembelajaran Piano Di Sekolah Musik Christopherus Semarang

Harsono, 2501906082 (2006) Pembelajaran Piano Di Sekolah Musik Christopherus Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pembelajaran Piano Di Sekolah Musik Christopherus Semarang) - Published Version
Download (1581Kb)

    Abstract

    Pengalaman belajar tidak semuanya didapat dari pendidikan formal. Semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menimbulkan berbagai tuntutan kehidupan dalam bermasyarakat, termasuk juga pendidikan. Sebagai contoh adalah Sekolah Musik Christopherus yang menawarkan jasa pelatihan keterampilan atau sering disebut dengan kursus musik yang bertujuan untuk memupuk serta meningkatkan bakat dan keterampilan seseorang dalam memainkan instrumen musik, dalam hal ini adalah piano. Piano adalah salah satu instrumen musik yang paling banyak digemari dan dipelajari oleh segala tingkatan usia, karena memiliki karakter suara yang sangat akustik dan selalu dapat dinikmati disetiap masa untuk jenis musik apapun. Kesempatan selalu ada untuk bisa bermain piano walau kita tidak memiliki piano, yaitu dengan menggunakan keyboard yang disetting bunyi piano. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran piano di Sekolah Musik Christopherus Semarang dilihat dari segi tujuan, materi, metode serta evaluasinya ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif tentang Pembelajaran Piano Di Sekolah Musik Christopherus Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran piano di Sekolah Musik Christopherus sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan, dengan tujuan pembelajarannya siswa mampu bermain alat musik piano dengan sikap duduk dan penjarian yang benar, dan bermanfaat dalam pelayanan musik gereja. Dalam proses pembelajarannya menerapkan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, drill dan metode pemberian tugas, sedangkan materi pembelajaran terbagi dalam dua materi, yaitu materi teori musik dan praktek musik. Dan evaluasi selalu diadakan setiap kali pertemuan kursus, dan sebagai evaluasi akhir diadakan setiap 6 bulan sekali sekaligus sebagai ujian kenaikan tingkat. Agar manfaat yang diterima lebih nyata dan bermanfaat, berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Pembelajaran Piano di Sekolah Musik Christopherus penulis memberikan saran supaya membentuk tim khusus untuk menyusun materi pembelajaran piano dalam sebuah buku penduan, karena materi yang tersedia belum tersusun rapi dalam sebuah buku panduan, sehingga dengan adanya buku panduan materi tersebut dapat lebih meningkatkan proses pembelajarannya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 12 Apr 2011 22:38
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:23

    Actions (login required)

    View Item