Profil kemampuan dasar mengajar guru SMK Negeri di wilayah Kota Semarang, mata diklat Pekerjaan Mekanik Eleketro (PME) Program studi Listrik Instalasi


Budhi Kusumaningprang, 5301904003 (2006) Profil kemampuan dasar mengajar guru SMK Negeri di wilayah Kota Semarang, mata diklat Pekerjaan Mekanik Eleketro (PME) Program studi Listrik Instalasi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Profil kemampuan dasar mengajar guru SMK Negeri di wilayah Kota Semarang, mata diklat Pekerjaan Mekanik Eleketro (PME) Program studi Listrik Instalasi]
Preview
PDF (Profil kemampuan dasar mengajar guru SMK Negeri di wilayah Kota Semarang, mata diklat Pekerjaan Mekanik Eleketro (PME) Program studi Listrik Instalasi) - Published Version
Download (206kB) | Preview

Abstract

Pada proses belajar mengajar SMK di Kota Semarang, guru disamping mengemban tugas-tugas utamanya, juga harus memiliki dan selalu mengembangkan ketrampilan dan kecakapan khusus dalam memberikan pemahaman pada para siswa-siswi SMK, sehingga siswa dapat termotivasi, menyenangi, dan berminat tinggi terhadap mata pelajaran guru yang mengampu pelajaran tersebut. Kemampuan seorang guru dalam menyampaikan pelajaran yang diampunya dapat memberikan bekal kemampuan dasar di bidang ketrampilan teknik, khususnya mata diklat PME (Pekerjaan Mekanik Elektro) program studi listrik instalasi yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, selain itu dapat juga memupuk daya kreasi dan kemampuan bernalar serta untuk membantu siswa-siswi SMK memahami gagasan dan informasi baru di bidang ilmu dan teknologi. Mengingat peran dan tugas mengajar guru SMK yang besar dan berat, maka guru SMK seharusnya memiliki kompetensi atau kemampuan dasar yang memadai serta mempunyai tingkat profesionalisme yang tinggi. Gambaran atau profil kemampuan dasar mengajar yang seharusnya dimiliki oleh seorang guru SMK dapat dilihat dari keinginan guru itu sendiri dalam menyampaikan materi pelajaran yang diampunya dan mengembangkan bidang keahliannya. Apakah penyampaian materi yang selama ini disampaikan sudah sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi, Bagaimanakah keinginan para guru SMK itu sendiri dalam menyikapi perkembangan dunia teknologi. Jadi permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah gambaran atau profil kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh guru SMK dalam melaksanakan tugasnya yaitu mengajar, serta sejauh mana tingkat profesionalisme guru SMK di bidangnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui : (1) Kemampuan penguasaan teori dalam mengajar yang seharusnya dimiliki oleh guru SMK Negeri di wilayah Kota Semarang. (2) Kemampuan penguasaan praktek yang seharusnya dimiliki oleh guru SMK Negeri di wilayah Kota Semarang. (3) Dan sejauh manakah tingkat profesionalisme guru SMK Negeri di wilayah Kota Semarang sesuai dengan bidangnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif, dimana seluruh guru SMK yang saat penelitian ini dilaksanakan masih aktif mengajar di SMK Negeri masing-masing di wilayah Kota Semarang. Untuk memperoleh data penelitian, diperlukan atau dibutuhkan instrumen dan pengukurannya. Dalam penelitian ini digunakan kuisoner atau angket yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian mengenai kemampuan penguasaan materi, kemampuan penguasaan praktek dan tingkat profesionalisme guru SMK Negeri di Kota Semarang. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis diskriptif. v Kesimpulan, (1) Kemampuan menyampaikan materi oleh guru SMK Negeri di Kota Semarang yang diharapkan atau diperlukan untuk mengajar dikategorikan “perlu”. (2) Kemampuan praktek guru SMK Negeri di Kota Semarang yang diharapkan atau diperlukan dikategorikan “perlu”. (3) Tingkat profesinalisme guru SMK Negeri di Kota Semarang dikategorikan “perlu”. Saran; kemampuan menyampaikan materi dasar dan penguasaan teori ataupun penguasaan praktek yang telah diidentifikasi pada penelitian ini hendaknya dapat menjadi masukan bagi para pengembang dan pelaksana kurikulum SMK khususnya SMK Negeri di wilayah Kota Semarang. Masukan tersebut tidak hanya sekedar dijadikan sebagai bahan informasi saja, akan tetapi juga lebih dari itu dapat juga sebagai bahan pertimbangan dalam mengimplementasikan kurikulum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Apr 2011 02:29
Last Modified: 25 Apr 2015 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1373

Actions (login required)

View Item View Item