Penggunaan metode contextual teaching learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP N 2 Pegandon di Kab.Kendal tahun 2009.


Ratih Amilina , 3301405132 (2009) Penggunaan metode contextual teaching learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP N 2 Pegandon di Kab.Kendal tahun 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan metode contextual teaching learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP N 2 Pegandon di Kab.Kendal tahun 2009.]
Preview
PDF (Penggunaan metode contextual teaching learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP N 2 Pegandon di Kab.Kendal tahun 2009.) - Published Version
Download (981kB) | Preview

Abstract

Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan akan jauh lebih baik memperhitungkan untuk memperoleh hasil yang baik tanpa melupakan proses yang baik pula. Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 2 Pegandon kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan guru merupakan penentu jalannya proses pembelajaran. Dari data di atas dapat diketahui bahwa nilai rata – rata siswa kelas VIII adalah 59,85 dengan hanya 33% siswa mampu memenuhi standar nilai yang ditetapkan, serta tidak berkembangnya aspek afektif dan psikomotorik siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode CTL. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pokok bahasan permintaan dan penawaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 pegandon serta seberapa besar peningkatan hasil belajar ekonomi pokok bahasan permintaan dan penawaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 pegandon setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan CTL. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pegandon sebanyak 48 siswa yang terdiri dari 19 siswa putra dan 29 siswa putri. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus yang dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi tiap akhir siklus dan lembar observasi untuk siswa serta guru. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan aspek kognitif siswa mengalami peningkatan pada siklus I nilai rata-rata tes siswa mencapai 67,70 dengan ketuntasan klasikal 72,91% dan pada siklus II mencapai 69,58 dengan ketuntasan klasikal 87,5%. Aspek afektif siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata sebesar 8,8 dengan ketuntasan klasikal siklus I sebesar 95,8% dan pada siklus II meningkat menjadi 9,58 dengan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pegandon pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan permintaan, penawaran serta pembentukan harga pasar. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu metode CTL dapat diterapkan sebagai pendekatan pembelajaran karena dapat membantu para siswa dalam menghubungkan materi dengan kenyataan dengan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Contextual Teaching Learning (CTL), Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Apr 2011 02:15
Last Modified: 25 Apr 2015 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1369

Actions (login required)

View Item View Item