Perbedaan Hasil Belajar Geografi Pokok Bahasan Tata Surya dan Jagad Raya Antara Pembelajaran Menggunakan Media VCD Dengan Media Gambar Cetak Siswa Keias X SMA Negeri 1 Welahan Tahun 2010/2011


Luqman Arif, 3201406542 (2011) Perbedaan Hasil Belajar Geografi Pokok Bahasan Tata Surya dan Jagad Raya Antara Pembelajaran Menggunakan Media VCD Dengan Media Gambar Cetak Siswa Keias X SMA Negeri 1 Welahan Tahun 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Hasil Belajar Geografi Pokok Bahasan Tata Surya dan Jagad Raya Antara Pembelajaran Menggunakan Media VCD Dengan Media Gambar Cetak Siswa Keias X SMA Negeri 1 Welahan Tahun 2010/2011] Microsoft Word (Perbedaan Hasil Belajar Geografi Pokok Bahasan Tata Surya dan Jagad Raya Antara Pembelajaran Menggunakan Media VCD Dengan Media Gambar Cetak Siswa Keias X SMA Negeri 1 Welahan Tahun 2010/2011) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Pembelajaran geografi yang salama ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Welahan masih sering disajikan dengan pendekatan pembelajaran konvensional (misal menerapkan metode ceramah). Sementara siswa “dijejali” untuk menerima dan menghafal materi, sehingga hasil belajar yang diperoleh kurang memuaskan. Selain itu juga dikarenakan guru tidak pernah mencoba model pembelajaran lain yang dapat memberikan variasi model belajar mengajar di kelas sehingga akan menarik siswa untuk dapat menangkap materi yang disampaikan. Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pelajaran geografi pokok bahasan Tata Surya dan Jagad Raya yang dicapai oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Welahan Tahun pelajaran 2010/2011 yang diajar menggunakan pembelajaran Media VCD lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan media gambar cetak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik mata pelajaran geografi pokok bahasan Tata Surya dan Jagad Raya yang dicapai oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Welahan tahun pelajaran 2010/2011 yang diajar menggunakan pembelajaran Media VCD lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media gambar cetak. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Sebelum pelaksanaan penelitian, peneliti melakukan uji instrumen terlebih dahulu. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama lima pertemuan yaitu pertemuan 1, 2, 3 pelaksanaan pembelajaran dan pertemuan terakhir adalah post test, Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas pada analisis tahap awal dan uji t pada analisis tahap akhir untuk mengetahui perbedaan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t untuk data post test diperoleh thitung 2,400 > ttabel (1,67) sehingga hipotesis nihil ditolak. Hal ini berarti secara signifikan rata-rata post test kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Berdasarkan hasil pengamatan data hasil belajar aspek afektif dan psikomotor kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol Simpulan yang di dapat dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang menggunakan media VCD lebih baik dari pada yang menggunakan media gambar cetak. Saran yang diajukan berdasarkan penelitian adalah hendaknya guru dapat menggunakan model lain yang dapat menank siswa dalam proses beiajar salah satunya adalah pembelajaran menggunakan media VCD dan media gambar cetak. Dan setelah diadakan penelitian ini, hendaknya guru dapat menggunakan Media VCD dalam pelaksanaan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media VCD ,Media Gambar Cetak
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 Jul 2012 21:58
Last Modified: 22 Jul 2012 21:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13682

Actions (login required)

View Item View Item