Strategi Pengembangan Kualitas Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ), Semarang


Ajeng Silvia Lutfiani, 3354303012 (2006) Strategi Pengembangan Kualitas Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ), Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Strategi Pengembangan Kualitas Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ), Semarang]
Preview
PDF (Strategi Pengembangan Kualitas Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ), Semarang) - Published Version
Download (227kB) | Preview

Abstract

Suatu perusahaan menyadari pengembangan karyawan merupakan hal yang terpenting bagi kelangsungan perusahaan atau organisasi. Pelatihan dan pengembangan mempunyai manfaat jangka panjang yang akan membantu kalangsungan tanggung jawab lebih besar di waktu yang akan datang. Perusahaan yang ingin maju akan merubah karyawanya akan mempunyai mutu serta kinerja yang baik agar membuat mereka lebih produktif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana strategi pengembangan kualitas karyawan (2). Hambatan atau kendala apa saja yang dihadapi perusahaan dalam pengembangan kualitas karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui strategi apa yang digunakan perusahaan (2). Untuk mengetahui hambatan atau kendala apa saja yan g dihadapi pewrusahaan dalam pengembangan kualitas karyawan. . Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif yaitu menggambarkan keadaan atau fenomena mengenai strategi pengembangan kualitas karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Semarang. Metode yang digunakan melalui metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif diskriptif. Dari hasil penelitian ini strategi yang digunakan di PDAM Kota Semarang adalah pendidikan dan pelatihan yang meliputi pelatihan informal dan nonformal, sedangkan pendidikannya meliputi pendidikan formal. Metode pelatihan yang digunakan adalah on the job trainning dan metode pendidikan yang digunakan meliputi job rotation and planned progression, coaching and counseling, dan committee assignment. Hambatan yang dihadapi PDAM Kota Semarang adalah biaya, rutinitas kerja, fasilitas pengmbangan, pelatih atau instruktur. Penulis setelah melakukan penelitian memberikan simpulan, strategi yang dilakukan oleh PDAM Kota Semarang adalah pendidikan dan pelatihan. Pendidikan meliputi pendidikan formal sedangkan pelatihan meliputi pelatihan informal dan nonformal. Metode pelatihannya adalah metode on the job trainning sedangkan metode pendidikannya adalah job rotation and planned progression, coaching and counseling, dan committee assigment. Saran dari penulisan tugas akhir ini adalah mengenai metode yang digunakan sebaiknya tidak hanya menggunakan metode on the job trainning saja karena menyebabkan karyawan menjadi jenuh sehingga perlu menggunakan metode of the job trainning agar karyawan lebih mempunyai wawasan yang lebih luas dan tidak hanya dilakukan di dalam perusahaan saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Kualitas Karyawan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Apr 2011 02:08
Last Modified: 25 Apr 2015 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1367

Actions (login required)

View Item View Item