Hubungan antara Status Gizi dan Masa Kerja serta Penggunaan Alat Pelindung Diri Masker dengan Kapasitas Vital Paru pada Pengolah Kapur Kopinkra Karangdawa Tegal.

Uswatun Aeni, 6450407089 (2012) Hubungan antara Status Gizi dan Masa Kerja serta Penggunaan Alat Pelindung Diri Masker dengan Kapasitas Vital Paru pada Pengolah Kapur Kopinkra Karangdawa Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Paparan debu batu kapur yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan kesehatan terutama kesehatan paru. Pengolah batu kapur Kopinkra Karangdawa Tegal beresiko mengalami penurunan kapasitas vital paru karena terpapar debu secara terus menerus dan dalam waktu lama yang tanpa diimbangi dengan status gizi optimal dan menggunakan alat pelindung diri masker. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status gizi dan masa kerja serta penggunaan alat pelindung diri masker dengan kapasitas vital paru pada pengolah kapur Kopinkra Karangdawa Tegal. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengolah batu kapur yang berjumlah 102 orang. Sampel berjumlah 49 orang dengan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah spirometer hutchinson, timbangan badan, microtoise dan kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (menggunakan uji chi square dengan uji alternatifnya uji Fisher’s Exact Test dan Kolmogorov-Smirnov) serta analisis multivariat dengan uji Regresi Logistik. Hasil analisis bivariat menunjukan bahwa variabel yang berhubungan dengan dengan kapasitas vital paru adalah status gizi dengan nilai p 0,037 (< 0,05), variabel masa kerja dengan nilai p 0,013 (< 0,05) sedangkan variabel penggunaan Alat Pelindung Diri masker tidak berhubungan dengan nilai p 1,00 (> 0,05). Berdasarkan analisis multivariat variabel yang berhubungan dengan kapasitas vital paru setelah mengontrol variabel perancu adalah masa kerja dengan nilai sig. of log LR sebesar 0,003 (< 0,05), sedangkan variabel status gizi tidak menunjukkan hubungan dengan nilai sig. of log LR sebesar 0,187 (> 0,05). Saran yang dapat diajukan untuk pengolah kapur adalah mengurangi kebiasaan merokok dan memeriksakan kesehatan paru secara berkala

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kapasitas Vital Paru, Status Gizi, Masa Kerja, Alat Pelindung Diri Masker, Debu Batu Kapur
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Jul 2012 22:32
Last Modified: 19 Jul 2012 22:32

Actions (login required)

View Item