Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kegagalan Pemberian ASI Eksklusif (Studi Kualitatif di Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang)


Fitri Fajriyati, 6450407062 (2012) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kegagalan Pemberian ASI Eksklusif (Studi Kualitatif di Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kegagalan Pemberian ASI Eksklusif (Studi Kualitatif di Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang)] Microsoft Word (Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kegagalan Pemberian ASI Eksklusif (Studi Kualitatif di Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang)) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja kepada bayi selama 6 bulan tanpa makanan dan minuman lain. Salah satu faktor penyebab kegagalan pemberian ASI Eksklusif karena asuhan nenek yang memberikan makanan pendamping seperti madu atau pisang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor apa saja yang menyebabkan kegagalan pemberian ASI Eksklusif di Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai penyebab kegagalan pemberian ASI Eksklusif di Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini adalah ibu-ibu di Desa Lerepyang memiliki bayi 6-12 bulan. Jumlahnya 14 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam menggunakan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kegagalan pemberian ASI Eksklusif adalah pengetahuan ibu, motivasi ibu,dan pengaruh petugas kesehatan. Selain itu, penyebab utama kegagalan pemberian ASI Eksklusif di Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang adalahasuhan nenek, pekerjaan ibu, kondisi bayi saat lahir, kondisi kesehatan ibu, dan promosi susu formula Saran untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang adalah perlunya pembinaan petugas kesehatan terutama tenaga penolong persalinan untuk mendukung ibu dalam pemberian ASI Eksklusif selama 6 bulan serta melarang promosi susu formula. Saran untukPuskesmas Lerep adalah meningkatkan penyuluhanASI Eksklusiftidak hanya terhadap ibu-ibu, tetapi juga suami dan nenek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor penyebab,KegagalanPemberianASI Eksklusif
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 20 Jul 2012 02:18
Last Modified: 20 Jul 2012 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13663

Actions (login required)

View Item View Item