Peningkatan Minat Belajar IPA Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Kenampakan Bumi Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sikumpul Banjarnegara


Ismoyo Aji, 1404908093 (2011) Peningkatan Minat Belajar IPA Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Kenampakan Bumi Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sikumpul Banjarnegara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Minat Belajar IPA Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Kenampakan Bumi Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sikumpul Banjarnegara] Microsoft Word (Peningkatan Minat Belajar IPA Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Kenampakan Bumi Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sikumpul Banjarnegara) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Dari hasil observasi awal diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas IV SDN 2 Sikumpul Banjarnegara belum optimal. Pembelajaran masih berpusat pada guru, respon siswa terhadap pembelajaran rendah. Selama proses pembelajaran partisipasi siswa lebih banyak mencatat dan mendengarkan penjelasan guru. Keaktifan siswa yang rendah berdampak pada hasil belajar siswa rendah terutama pada materi perubahan kenampakan bumi mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena guru belum menemukan metode dan pendekatan yang tepat. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan kurang memberikan contoh nyata kepada siswa. Akibatnya siswa pasif dalam pembelajaran dan suasana pembelajaran menjadi membosankan. Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari satu siklus ke siklus selanjutnya baik dari segi keaktifan maupun hasil belajar siswa. Data tentang minat siswa pada siklus I sebasar 33,4%, dan pada siklus II meningkat menjadi 86,6%. Salah satu upaya untuk memecahkan masalah di atas yaitu dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Dalam pembelajaran kontekstual siswa mengalami sendiri apa yang dipelajarinya melalui pengamatan dan kerja kelompok sehingga diharapkan peran aktif dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Oleh karena itu penelitian ini terfokus pada perbaikan proses belajar siswa pada materi struktur tumbuhan dan fungsinya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Sikumpul Banjarnegara Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 15 orang. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dua siklus, tiap siklus mencakup empat tahap yaitu : (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (acting); (3) pengamatan (observing); dan (4) refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan adalah agar pembelajaran kontekstual dapat diterapkan pada konsep yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran; pendekatan kontekstual; keterampilan guru; minat siswa; hasil belajar siswa; perubahan kenampakan bumi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 20 Jul 2012 01:17
Last Modified: 20 Jul 2012 01:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13658

Actions (login required)

View Item View Item