Peningkatan Hasil Belajar Dalam Mengubah Pecahan Ke Bentuk Desimal Melalui Pendekatan Tutor Sebaya Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri Wanoja 02 Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes


Rusam, 1404908060 (2011) Peningkatan Hasil Belajar Dalam Mengubah Pecahan Ke Bentuk Desimal Melalui Pendekatan Tutor Sebaya Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri Wanoja 02 Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Dalam Mengubah Pecahan Ke Bentuk Desimal Melalui Pendekatan Tutor Sebaya Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri Wanoja 02 Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes] Microsoft Word (Peningkatan Hasil Belajar Dalam Mengubah Pecahan Ke Bentuk Desimal Melalui Pendekatan Tutor Sebaya Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri Wanoja 02 Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Kondisi awal diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas VI SDN Wanoja 02 belum optimal. Pembelajaran masih berpusat pada guru, respon siswa terhadap pembelajaran rendah. Selama proses pembelajaran partisipasi siswa lebih banyak mencatat dan mendengarkan penjelasan guru. Keaktifan siswa yang rendah berdampak pada hasil belajar siswa rendah terutama pada materi pecahan pada mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena guru belum menemukan metode dan pendekatan yang tepat. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan kurang memberikan contoh nyata kepada siswa. Akibatnya siswa pasif dalam pembelajaran dan suasana pembelajaran menjadi membosankan. Upaya untuk memecahkan masalah di atas yaitu dengan menerapkan Pendekatan Tutor Sebaya. Dalam pembelajaran tutor sebaya siswa mengalami sendiri apa yang dipelajarinya melalui pengamatan dan kerja kelompok sehingga diharapkan peran aktif dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Oleh karena itu penelitian ini terfokus pada perbaikan proses belajar siswa pada materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VI SDN Wanoja 02 Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 35 orang. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dua siklus, tiap siklus mencakup empat tahap yaitu : (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (acting); (3) pengamatan (observing); dan (4) refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari satu siklus ke siklus selanjutnya baik dari segi keaktifan maupun hasil belajar siswa. Data tentang keaktifan siswa pada siklus I sebesar 2,6 dan pada siklus II meningkat menjadi 3,03. Hasil penelitian tentang kinerja guru pada siklus I mencapai 2,77, sedangkan pada siklus II naik menjadi 3,09. Hasil penelitian dalam variabel hasil belajar, pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 66 dan pada siklus II meningkat menjadi 77,43. Di samping itu ketuntasan belajar klasikal pada siklus I mencapai 57,14 % sedangkan pada siklus II menjadi 85,7 %. Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai tersebut, setiap variabel penelitian yang meliputi aktivitas siswa, kinerja guru dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Ini menunjukan bahwa peneliti dapat disimpulkan dengan penerapan Pendekatan Tutor Sebaya dalam proses pembelajaran matematika pada materi mengubah pecahan ke bentuk decimal dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan adalah agar pembelajaran dengan penerapan pendekatan tutor sebaya dapat diterapkan pada konsep yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendekatan Tutor Sebaya, Keaktifan Siswa, Kinerja Guru, Hasil Belajar, Pecahan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 20 Jul 2012 01:14
Last Modified: 20 Jul 2012 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13657

Actions (login required)

View Item View Item