Penerapan metode Cooperatif Teaching Learning untuk meningkatkan keaktivan dan hasil belajar siswa kelas IV pada materi perpindahan panas dalam pembelajaran IPA di SD Negeri Jagapura 02 kecamatan Kersana, kabupaten Brebes


Rosilah, 1404908034 (2011) Penerapan metode Cooperatif Teaching Learning untuk meningkatkan keaktivan dan hasil belajar siswa kelas IV pada materi perpindahan panas dalam pembelajaran IPA di SD Negeri Jagapura 02 kecamatan Kersana, kabupaten Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan metode Cooperatif Teaching Learning untuk meningkatkan keaktivan dan hasil belajar siswa kelas IV pada materi perpindahan panas dalam pembelajaran IPA di SD Negeri Jagapura 02 kecamatan Kersana, kabupaten Brebes] Microsoft Word (Penerapan metode Cooperatif Teaching Learning untuk meningkatkan keaktivan dan hasil belajar siswa kelas IV pada materi perpindahan panas dalam pembelajaran IPA di SD Negeri Jagapura 02 kecamatan Kersana, kabupaten Brebes) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi kurangnya minat siswa kelas IV SD Negeri Jagapura 02 dalam pembelajaran IPA dan hasil belajar siswa yang belum optimal. Pembelajaran yang dilaksanakan masih menggunakan pendekatan konvensional yakni menggunakan metode ceramah dan kurang memberi contoh nyata kepada siswa. Akibatnya siswa pasif dalam pembelajaran dan suasana pembelajaran menjadi membosankan bagi siswa. Salah satu upaya untuk memecahkan masalah tersebut di atas yaitu dengan menerapkan metode Cooperatif Teaching Learning. Dalam pembelajaran dengan metode CTL materi pembelajarannya diusahakan sesuai dengan pengaalaman siswa dan lingkungannya, sehingga diharapkan peran aktif dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Oleh karena itu penelitian ini berfokus pada perbaikan proses belajar siswa pada materi perpindahan panas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di laksanakan di SD Negeri Jagapura 02 tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlaj siswa 30 anak. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus mencakup empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (40 refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan CTL dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep perpindahan panas dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Jagapura 02. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran dari siklus I mendapat skor rata-rata 84,56 dengan kriteria baik dan siklus II mendapat skor rata-rata 90,33 dengan kriteria baik.keterampilan guru dalam pembelajaran menunjukkan skor rata-rata 27 dengan kriteria baik dan siklus II dengan skor 33 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai dari siklus I sebesar 71,17 dan siklus II sebesar 80,67. Sedangkan untuk pencapaian ketuntasan individual, siklus I sebesar 73,33% dan siklus II sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian yang di capai tersebut, maka dapat di simpulkan bahwa penerapan metode Cooperatif Teaching Learning dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Jagapura 02 dalam pembelajaran IPA. Maka disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CTL, aktivitas siswa, keterampilan guru, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 20 Jul 2012 01:11
Last Modified: 20 Jul 2012 01:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13656

Actions (login required)

View Item View Item