Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe TAI Di Kelas V SD Negeri Malahayu 06, Kecamatan Banjarharja, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011


Sawa, 1404908032 (2011) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe TAI Di Kelas V SD Negeri Malahayu 06, Kecamatan Banjarharja, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe TAI Di Kelas V SD Negeri Malahayu 06, Kecamatan Banjarharja, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011] Microsoft Word (Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe TAI Di Kelas V SD Negeri Malahayu 06, Kecamatan Banjarharja, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Kondisi awal situasi pembelajaran yang terjadi di kelas V SD Negeri Malahayu 06 pada pelajaran IPA, menunjukan bahwa proses pembelajaran masih didominasi guru, artinya pembelajaran masih berpusat pada guru, guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang memberikan proses pembelajaran secara nyata. Akibatnya siswa belum aktif untuk mengikuti proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini terbukti rata-rata nilai perolehan siswa pada pelajaran IPA tentang materi gaya di bawah Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan analisis situasi diatas, peneliti merumuskan masalah apakah dengan menerapkan Pendekatan Cooperative Learning Tipe TAI, dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa?. Pembelajaran dengan pendekatan Cooperative Learning Tipe TAI siswa mengalami sendiri apa yang dipelajarinya melalui pengamatan dan kerja kelompok sehingga diharapkan peran aktif dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran, meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi gaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SDN Malahayu 06 Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 17 orang. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dua siklus, tiap siklus mencakup empat tahap yaitu: (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (acting); (3) pengamatan (observing); dan (4) refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari satu siklus ke siklus selanjutnya baik dari segi keaktifan maupun hasil belajar siswa. 1. Aktivitas Guru. Aktivitas guru dalam pembelajaran IPA siklus I mencapai 69,6% meningkat menjadi 80,97% pada siklus II. Ini berarti aktivitas guru dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Cooperative Learning Tipe TAI telah berhasil, karena sudah melebihi indicator keberhasilan yaitu 76%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendekatan Cooperative Learning Tipe TAI, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Pelajaran IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 20 Jul 2012 01:02
Last Modified: 20 Jul 2012 01:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13651

Actions (login required)

View Item View Item