Peningkatan Prestasi Hasil Belajar Unggah-ungguh Bahasa Jawa Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Mangkukusuman 5 Tegal


Arsi Prahesti, 1402908138 (2011) Peningkatan Prestasi Hasil Belajar Unggah-ungguh Bahasa Jawa Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Mangkukusuman 5 Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Prestasi Hasil Belajar Unggah-ungguh Bahasa Jawa Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Mangkukusuman 5  Tegal] Microsoft Word (Peningkatan Prestasi Hasil Belajar Unggah-ungguh Bahasa Jawa Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Mangkukusuman 5 Tegal) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Prestasi hasil belajar unggah-ungguh bahasa Jawa kelas IV SD Negeri Mangkukusuman 5 masih rendah. Hal ini disebabkan latar belakang siswa yang jarang menggunakan bahasa Jawa untuk berkomunikasi pada kehidupan sehari-hari. Pembelajaran bahasa Jawa di sekolah juga lebih sering menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya. Selain itu metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Jawa kurang menarik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu digunakan metode yang dapat meningkatkan prestasi hasil belajar unggah-ungguh bahasa Jawa. Metode yang dapat digunakan yaitu role playing. Berdasarkan latar belakang masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi hasil belajar unggah-ungguh bahasa Jawa siswa kelas IV SD Negeri Mangkukusuman 5 dengan menggunakan metode role playing. Metode penelitian ini menggunakan Penenlitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan , jurnal dan wawancara. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Mangkukusukan 5 Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan prestasi hasil belajar unggah-ungguh bahasa Jawa. Pada siklus I ketuntasan belajar baru mencapai 57% dengan nilai rata-rata kelas 66. Pada siklus II kentuntasan belajar mencapai 80% dengan nilai rata-rata kelas 74. Prestasi hasil belajar unggah-ungguh bahasa Jawa siswa kelas IV SD Negeri Mangkukusuman 5 Tegal mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode role playing. Peningkatan prestasi hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Mangkukusuman 5 dari siklus I dan siklus II ternyata diikuti perubahan perilaku siswa. Saran yang dapat disampaikan pada penelitian ini yaitu metode role playing dapat dijadikan alternatif metode dalam pembelajaran unggah-ungguh bahasa Jawa dan bagi para peneliti di bidang pendidikan dapat melakukan penelitian serupa dengan metode pembelajaran yang berbeda sehingga didapat berbagai alternatif metode pembelajaran unggah-ungguh bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Prestasi Hasil Belajar Unggah-ungguh Bahasa Jawa, Metode Bermain Peran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 20 Jul 2012 00:58
Last Modified: 20 Jul 2012 00:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13649

Actions (login required)

View Item View Item