Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Think-Pair-Share (TPS) dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas V SDN Gunungpati 03 Semarang


Rifqi Fawzi, 1402408221 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Think-Pair-Share (TPS) dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas V SDN Gunungpati 03 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Think-Pair-Share (TPS) dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas V SDN Gunungpati 03 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Think-Pair-Share (TPS) dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas V SDN Gunungpati 03 Semarang) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

IPS adalah ilmu yang mempelajari gejala dan masalah sosial di masyarakat dan lingkungan dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan. Pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Gunungpati 03 Semarang guru kurang kreatif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga siswa jenuh. Guru dalam menyajikan pembelajaran belum menggunakan metode yang bervariasi, proses pembelajaran didominasi oleh guru, kurang memanfaatkan atau menggunakan media pembelajaran, dan pada akhirnya pembelajaran kurang menarik, dan siswa menjadi pasif. Siswa lebih suka belajar kelompok dengan teman sebangkunya dari pada kelompok besar. Pembelajaran dengan menerapkan model Thin-Pair-Share (TPS) dengan video pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada kelas tersebut. Rumusan masalah pada penelitian tindakan kelas ini adalah apakah dengan menggunakan model Think-Pair-Share dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Gunungpati 03 Semarang? Penelitian ini menggunakan model Think-Pair-Share dengan media video pembelajaran yang dilaksanakan pada tiga siklus. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Gunungpati 03 Semarang, siswa berjumlah 20, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Variabel pada penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatis dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada pembelajaram IPS melalui model Think-Pair-Share dengan media video pembelajaran mengalami peningkatan. Keterampilan guru, pada siklus I mencapai persentase 77,5%, pada siklus II meningkat menjadi 85%, dan pada siklus III meningkat menjadi 87,5%. Aktivitas siswa, pada siklus I menperoleh 74,58%, pada siklus II meningkat menjadi 88,33%, dan pada siklus III meningkat menjadi 92,5%. Hasil belajar, pada siklus I yaitu 63,16%, pada siklus II menjadi 73,68%, dan pada siklus III menjadi 84,21%. Dari data di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa melaui model TPS (Think-Pair-Share) dengan media video pembelajaran mampu meningkatkan kualitas keterampilan guru, aktifitas siswa, dan hasil belajar siswa pada siswa kelas V SDN Gunungpati 03 Semarang dalam pembelajaran IPS. Dalam memilih model dan media, guru sesuiakan dengan materi dan kondisi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Think-Pair-Share, Kualitas Pembelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 20 Jul 2012 07:49
Last Modified: 20 Jul 2012 07:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13643

Actions (login required)

View Item View Item