Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Think-Pair-Share dengan Permainan Tebak Angka Pada Siswa Kelas VC SD Petompon 02 Kecamatan Gajahmungkur

Rusbiyantoro, 1402407177 (2011) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Think-Pair-Share dengan Permainan Tebak Angka Pada Siswa Kelas VC SD Petompon 02 Kecamatan Gajahmungkur. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Masih rendahnya kualitas pembelajaran matematika seperti hasil observasi awal peneliti sebagai contoh riil kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran matematika masih rendah. sebagian besar siswa tidak tertarik dengan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Siswa cepat merasa bosan dengan pembelajaran matematika. Kesadaran siswa untuk belajar masih rendah dan minat siswa dalam pembelajaran juga masih kurang.. Dalam menetapkan alur pembelajaran, lebih menekankan pada model yang mengaktifkan guru (Teacher Centered). Pembelajaran kurang mengoptimalkan media pembelajaran sehingga siswa kurang tertarik pada pembelajaran. Akibatnya hasil belajar siswa rendah dan banyak yang tidak tuntas KKM. Penelitian tindakan kelas ini merumuskan masalah tentang apakah melalui model Think-Pair-Share dengan permainan tebak angka kualitas pembelajaran pada siswa kelas VC SD Petompon 02 Kecamatan Gajahmungkur dapat meningkat? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VC SD Petompon 02 Kecamatan Gajahmungkur. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi: aktivitas guru meningkat dari skor 26 dengan kariteria baik (siklus I) menjadi 28 dengan kriteria sangat baik (siklus II); rata-rata aktivitas siswa meningkat dari 22,503 dengan kategori baik (siklus I) menjadi 25,67 dengan kriteria sangat baik (siklus II); iklim pembelajaran meningkat dari 7 dengan kariteria sangat baik (siklus I) menjadi 8 dengan kriteria sangat baik (siklus II); materi pembelajaran meningkat dari 6 dengan kariteria baik (siklus I) menjadi 7 dengan kriteria sangat baik (siklus II); media dan alat peraga pembelajaran meningkat dari 10 dengan kariteria sangat baik (siklus I) menjadi 11 dengan kriteria sangat baik (siklus II); hasil belajar siswa meningkat dari nilai rata-rata 71,39 dengan ketuntasan belajar 76,74% menjadi rata-rata 84,5 dengan ketuntasan belajar 97,62%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model Think-Pair-Share dengan permainan tebak angka dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Saran bagi guru adalah guru dapat menggunakan model Think-Pair-Share dengan permainan tebak angka untuk meningkatkan kuallitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Model Think-Pair-Share, Permainan Tebak Angka
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Jul 2012 20:38
Last Modified: 19 Jul 2012 20:38

Actions (login required)

View Item