Peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Take And Give pada siswa kelas V SDN Kalibanteng kidul 02 Kota Semarang


Prastyo Suhardi, 1402407156 (2011) Peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Take And Give pada siswa kelas V SDN Kalibanteng kidul 02 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Take And Give pada siswa kelas V SDN Kalibanteng kidul 02 Kota Semarang] Microsoft Word (Peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Take And Give pada siswa kelas V SDN Kalibanteng kidul 02 Kota Semarang) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Berdasarkan observasi ditemukan bahwa kualitas pembelajaran IPA kelas V di SDN Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang masih tergolong rendah. Rendahnya kualitas pembelajaran IPA disebabkan beberapa hal diantaranya pada saat pembelajaran IPA kemampuan guru masih kurang, pada kegiatan awal mengkonfirmasi tujuan dan apersepsi yang dilaksanakan kurang menarik perhatian siswa. Dalam kegiatan inti, guru menjelaskan materi dengan menggunakan metode ceramah. Guru belum mengajak siswa berinteraksi aktif dalam kegiatan pembelajaran IPA dikelas. Guru juga jarang memberikan penguatan/penghargaan pada siswa. Guru belum menggunakan media yang menarik. Pada saat akhir pembelajaran guru menyimpulkan materi sendiri tanpa melibatkan siswa. Respon siswa dalam pembelajaran IPA rendah, sehingga daya serap siswa terhadap materi yang telah disampaikan oleh guru kurang, sehingga hasil belajar siswa rendah tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu, perlu adanya perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Adapun alternatif yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan model Take And Give. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan guru, (2) meningkatkan aktivitas siswa kelas V dalam mata pelajaran IPA dengan menggunakan model Take And Give, (3) meningkatakankualitas pembelajaran IPA dengan model Take And Give, (4) meningkatkan hasil belajar IPA dengan model Take And Give. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Take And Give yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SDN Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang. Teknik dalam pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pada siklus I keterampilan guru dalam pembelajaran IPA dengan model Take And Give diperoleh skor rata-rata 2,95 dengan kategori baik, siklus II mendapat skor rata-rata 3,3 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan model Take And Give pada siklus I diperoleh skor rata-rata 2,58 dengn kategori baik, pada siklus II skor rata-rata 3,12. Pada siklus I kualitas pembelajaran IPA diperoleh skor rata-rata 3,2 dengan kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi skor rata-rata 3,8.. Dalam pembelajaran IPA dengan model Take And Give menunjukkan hasil belajar siswa meningkat, pada prasiklus 11 atau 30,55% siswa dinyatakan tuntas, pada siklus I meningkat menjadi 26 atau 72,2% siswa dinyatakan tuntas, pada siklus II meningkat menjadi 32 atau 88,9% siswa dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil belajar pada prasiklus, siklus I, dan siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar klasikal sudah memenuhi target indikator yang telah ditetapkan yakni ≥ 75% dari seluruh siswa mengalami ketuntasan belajar. Kesimpulan pada penelitian ini adalah melalui model Take And Give dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Saran bagi guru adalah model Take And Give dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPA, model pembelajaran Take And Give
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 20 Jul 2012 00:35
Last Modified: 20 Jul 2012 00:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13636

Actions (login required)

View Item View Item