Peningkatan Motivasi Menulis Huruf Jawa melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Siswa Kelas IV B SD N Sekaran 01 Semarang


Rini Mei Hastuti, 1402407102 (2011) Peningkatan Motivasi Menulis Huruf Jawa melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Siswa Kelas IV B SD N Sekaran 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Motivasi Menulis Huruf Jawa melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Siswa Kelas IV B SD N Sekaran 01 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Motivasi Menulis Huruf Jawa melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Siswa Kelas IV B SD N Sekaran 01 Semarang) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Jawa merupakan mata pelajaran muatan lokal yang diajarkan di sekolah-sekolah yang ada di daerah Jawa Tengah. Agar dapat memotivasi siswa dalam kegiatan belajar diperlukan model pembelajaran yang dapat mendorong siswa. Motivasi dalam belajar sangat diperlukan karena akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Siswa dengan motivasi belajar tinggi akan cenderung menyukai, mengikuti dan melaksanakan pembelajaran dengan baik. Model pembelajaran Snowball Throwing bisa melatih siswa untuk aktif, memunculkan motivasi untuk bersaing dengan teman lain, dan mempermudah siswa menerima materi belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan motivasi siswa (2) meningkatkan aktivitas siswa (3) meningkatkan kemampuan guru (4) meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SD N Sekaran 01, Gunungpati, Semarang. Adapun subjek pelaku tindakan adalah guru kelas IV B dengan dibantu guru mitra dan subjek penerima tindakan adalah siswa dan guru kelas IV B semester II tahun pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dalam pembelajaran bahasa Jawa menunjukkan pada siklus I diperoleh prosentase motivasi siswa 62,5% kategori cukup (C), siklus II sebesar 78,92% dengan kategori baik (B), siklus III sebesar 89,91% dengan kategori sangat baik (SB). Aktivitas siswa, pada siklus I prosentase yang diperoleh sebesar 66,45%, siklus II 81,41% dengan kategori baik (B), siklus III sebesar 85,41% dengan kategori sangat baik (SB). Keterampilan guru siklus I prosentasenya sebesar 79,6%, siklus II 85,4%, siklus III meningkat menjadi 92,3% dengan kategori sangat baik (SB). Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata 56,54 prosentase ketuntasan 42,31%, siklus II nilai rata-rata sebesar 71,35 dengan prosentase ketuntasan 73,08%, pada siklus III menjadi 77,12 dengan prosentase ketuntasan sebesar 80,80% dan sudah mencapai indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV B SD N Sekaran 01 Semarang. Manfaat dari penelitian ini adalah agar penelitian ini dapat dijadikan salah satu cara tepat untuk mengatasi permasalahan pendidikan, terutama yang berkaitan dengan masalah upaya peningkatan motivasi siswa dan hasil belajar siswa. Saran yang disampaikan adalah guru hendaknya menggunakan pembelajaran kooperatif agar siswa termotivasi untuk belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi, menulis huruf Jawa, snowball throwing
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 20 Jul 2012 00:19
Last Modified: 20 Jul 2012 00:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13632

Actions (login required)

View Item View Item