Model Quantum Teaching Berbasis SETS terhadap Hasil Belajar Daur Air pada Siswa Kelas V SD Negeri Jatimulya 02 Suradadi Tegal


Catur Mulyawati, 1402407090 (2011) Model Quantum Teaching Berbasis SETS terhadap Hasil Belajar Daur Air pada Siswa Kelas V SD Negeri Jatimulya 02 Suradadi Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Quantum Teaching Berbasis SETS terhadap Hasil Belajar Daur Air pada Siswa Kelas V SD Negeri Jatimulya 02 Suradadi Tegal] Microsoft Word (Model Quantum Teaching Berbasis SETS terhadap Hasil Belajar Daur Air pada Siswa Kelas V SD Negeri Jatimulya 02 Suradadi Tegal) - Published Version
Download (35kB)

Abstract

Selama ini, proses pembelajaran IPA hanya menekankan pada sains murni, akibatnya siswa kurang memiliki kemampuan memandang sains sebagai satu kesatuan yang terintegrasi dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat sehingga minat belajar siswa menurun dan hasil belajar rendah. Berdasarkan pemikiran tersebut, pendekatan SETS (Science, Environment, Technoloogy, and Society) dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran IPA. Pelaksanaan pembelajaran pendekatan SETS sebaiknya didukung dengan suatu model pembelajaran yang akan mempermudah guru dalam mencapai visi yang terkandung dalam pendekatan SETS. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung pendekatan SETS adalah model pembelejaran Quantum Teaching. Quantum Teaching ini memungkinkan siswa belajar secara optimal. Model pembelajaran Quantum Teaching merupakan pengubahan pemblajaran dengan segala nuansanya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis SETS terhadap hasil belajar IPA materi daur air pada siswa kelas V SD Jatimulya 02. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini: (1) Adakah perbedaan hasil belajar siswa dalam materi daur air antara yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis SETS dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis SETS?; dan (2) Sejauh mana keefektifan pembelajaran model Quantum Teaching berbasis SETS dibandingkan dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis SETS? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen semu, sedangkan desainnya mnggunakan pra dan post-eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jatimulya 02 Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah model pembelajaran Quantum Teaching berbasis SETS, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Jatimulya 02. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, metode eksperimen dan metode dokumentasi. Metode analisis data dipisahkan menjadi dua yaitu analisis tahap awal dan analisis tahap akhir. Pada analisis tahap awal dilakukan uji normalitas, uji homogenitas. Analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar dengan model Quantum Teaching berbasis SETS sebesar 76,26, lebih tinggi daripada hasil belajar dengan pembelajaran konvensional sebesar 54,74. Uji prasyarat menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen sehingga uji statstik dilanjutkan dengan uji t. Hasil uji t diperoleh t hitung lebih besar daripada t tabel (4,340>1,690), yang berarti Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dalam materi daur air antara yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis SETS dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis SETS. Pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Teaching berbasis SETS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang hanya menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA materi daur air. Keefektifan model Quantum Teaching berbasis SETS ini bisa dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan hasil uji t (uji hipotesis). Oleh karena itu, model pembelajaran Quantum Teaching berbasis SETS dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat lebih termotivasi dan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model quantum teaching, SETS, Hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 20 Jul 2012 00:13
Last Modified: 20 Jul 2012 00:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13630

Actions (login required)

View Item View Item