Kinerja Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Setelah Mengikuti Program Better Education Through Reformed Management And Universal Teacher Upgrading di Kecamatan Jatilawang Banyumas.


Lili Wulandari, 1402407055 (2011) Kinerja Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Setelah Mengikuti Program Better Education Through Reformed Management And Universal Teacher Upgrading di Kecamatan Jatilawang Banyumas. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kinerja Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Setelah Mengikuti Program Better Education Through Reformed Management And Universal Teacher Upgrading di Kecamatan Jatilawang Banyumas] Microsoft Word (Kinerja Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Setelah Mengikuti Program Better Education Through Reformed Management And Universal Teacher Upgrading di Kecamatan Jatilawang Banyumas) - Published Version
Download (67kB)

Abstract

Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi Indonesia yaitu rendahnya mutu pendidikan, hal ini disebabkan karena masih banyak guru yang belum melaksanakan kinerjanya secara baik terutama dalam mengelola pembelajaran. Dalam kondisi tersebut pemerintah mengadakan program better education through reformed management and universal teacher upgrading (BERMUTU). Adanya program BERMUTU diharapkan guru dapat meningkatkan kinerjanya. Tetapi program BERMUTU tidak menjamin bahwa kinerja guru dapat menjadi lebih optimal. Oleh Karena itu, permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran setelah mengikuti program BERMUTU di Kecamatan Jatilawang Banyumas?”. Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat keberhasilan program BERMUTU di Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis deskripsi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru yang mengikuti program BERMUTU di Kecamatan Jatilawang Banyumas yang berjumlah 216 guru. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diambil 22 guru sekolah dasar yang mengikuti program BERMUTU. Variabel dalam penelitian ini yaitu kinerja guru sekolah dasar dalam mengelola pembelajaran dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, observasi dan studi dokumentasi. Pada analisis awal dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian yang berupa angket dengan jumlah responden 22 dan taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar 0,432 dan diperoleh 55 butir yang dinyatakan valid dan reliabel. Analisis berikutnya adalah uji normalitas data diketahui bahwa nilai Cronbach’s Alpha yaitu 0,969 sehingga instrumen tersebut memiliki tingkat reiabilitas tinggi. Uji normalitas data angket menunjukkan bahwa taraf signifikansi 0,200 sehingga data tersebut berdistribusi normal. Pada uji hipotesis menggunakan uji t satu sampel pihak kanan, diperoleh = 64,125 dan = 1,721 karena > maka ho ditolak dan ha diterima yang berarti kinerja guru sekolah dasar dalam mengelola pembelajaran setelah mengikuti program BERMUTU mencapai nilai 76 dan termasuk dalam kategori baik. Oleh karena itu disarankan program BERMUTU tetap dilaksanakan sehingga guru dapat meningkatkan kinerjanya dan memberi perubahan yang positif ke arah peningkatan mutu pendidikan secara nyata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja guru, mengelola pembelajaran, better education through reformed management and universal teacher upgrading
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Jul 2012 23:26
Last Modified: 19 Jul 2012 23:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13627

Actions (login required)

View Item View Item