Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf dengan Menggunakan Model pembelajaran Picture and Picture pada Siswa Kelas III SDN 02 Kandri Kota Semarang


Atikah, 1402407049 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf dengan Menggunakan Model pembelajaran Picture and Picture pada Siswa Kelas III SDN 02 Kandri Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf dengan Menggunakan Model pembelajaran Picture and Picture pada Siswa Kelas III SDN 02 Kandri Kota Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf dengan Menggunakan Model pembelajaran Picture and Picture pada Siswa Kelas III SDN 02 Kandri Kota Semarang) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran menulis paragraf dilakukan secara konvensional dan penggunaan media pembelajaran kurang, hal tersebut mengakibatkan keterampilan menulis paragraf rendah. Data yang didapatkan berdasarkan refleksi awal, siswa yang belum tuntas yaitu 27,3% (3 dari 11 siswa) . Oleh karena itu, tim kolaborasi memilih menggunakan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan ke-terampilan menulis paragraf pada siswa SDN 02 Kandri kota Semarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) apakah model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan aktivitas siswa?, (2) apakah model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan guru?, (3) apakah model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf?. Adapun tujuannya untuk: (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa kelas III SDN 02 Kandri, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru kelas III SDN 02 Kandri, (3) me-ningkatkan keterampilan menulis paragraf pada siswa kelas III SDN 02 Kandri. Rancangan penelitian ini dalah penelitian tindakan kelas (action research), yang dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN 02 Kandri Kecamatan Gunungpati kota Semarang tahun ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data nontes dilakukan secara kualitatif, sedangkan analisis data tes dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan keterampilan menulis paragraf. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 53%, pada siklus II sebesar 68%, dan pada siklus III sebesar 89%. Sedangkan keterampilan guru mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 53,13%, pada siklus II 71,88%, dan pada siklus III sebesar 93,75%. Untuk keterampilan menulis paragraf ketuntasan secara klasikal siklus I sebesar 63%, siklus II ketuntasan belajar mencapai 82%, dan pada siklus III 100%. Kesimpulan penelitian ini adalah aktivitas siswa, keterampilan guru, keterampilan menulis paragraf pada siswa kelas III SDN 02 Kandri dapat meningkat dengan adanya model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran menulis paragraf. Adapun saran penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) siswa lebih aktif ketika guru menggunakan model pembelajaran picture and picture, (2) siswa lebih kreatif dalam menyusun kalimat, sehingga paragraf yang dihasilkan lebih bervariasi, (3) guru hendaknya memilih gambar yang menarik ketika menggunakan model pembelajaran picture and picture, (4) guru hendaknya meningkatkan kemampuan dan keterampilannya dalam menerapkan model pembelajaran picture and picture dengan tidak mengabaikan penerapan model pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis paragraf, model pembelajaran picture and picture
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Jul 2012 23:18
Last Modified: 19 Jul 2012 23:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13625

Actions (login required)

View Item View Item