Keefektifan Penggunaan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas II SD Negeri 01 Kendalsari Petarukan Pemalang
Istikomah, 1402407022 (2011) Keefektifan Penggunaan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas II SD Negeri 01 Kendalsari Petarukan Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Keefektifan Penggunaan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas II SD Negeri 01 Kendalsari Petarukan Pemalang)
- Published Version
Download (34kB) |
Abstract
Selama ini guru dalam melakukan pembelajaran keterampilan menulis permulaan pada siswa kelas II Sekolah Dasar belum menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif. Pendekatan tersebut kurang mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, serta kurang mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa. Oleh karena itu, diperlukan alternatif pendekatan pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Dari uraian tersebut muncul rumusan masalah, “apakah terdapat perbedaan hasil menulis permulaan yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menulis permulaan menggunakan pendekatan kontekstual dan yang tidak?” Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 01 dan 02 Kendalsari Pemalang tahun pelajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampling jenuh, sehingga anggota sampel adalah semua anggota populasi. Data awal penelitian adalah nilai pre tes kedua kelompok. Nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 75,20 dan kelompok kontrol adalah 71,84. Dari data tersebut diketahui bahwa sampel berada pada keadaan yang sama. Data post tes menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata 78 dan kelompok kontrol 74. Berdasarkan uji normalitas terhadap posttes, diperoleh data kelompok eksperimen berdistribusi normal dan data kelompok kontrol berdistribusi tidak normal. Karena data post tes kelompok kontrol berdistribusi tidak normal, maka tidak perlu dilanjutkan dengan uji homogenitas. Oleh karena itu, analisis hipotesis menggunakan Mann-Whitney U (Uji U). Dari hasil penghitungan uji U diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,034. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) tersebut di bawah 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, pendekatan kontekstual efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis permulaan dengan materi tumbuhan dan binatang pada siswa kelas II SD Negeri 01 Kendalsari Pemalang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diajukan saran, yaitu pendekatan kontekstual hendaknya dijadikan alternatif dalam pembelajaran keterampilan menulis permulaan di Sekolah Dasar untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis Permulaan, Pendekatan Kontekstual, Hasil Menulis Permulaan Siswa |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 19 Jul 2012 22:02 |
Last Modified: | 19 Jul 2012 22:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13624 |
Actions (login required)
View Item |