Keefektifan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Menulis Puisi di Kelas V MI NU 01 Mejasem Timur Kabupaten Tegal


Nurul Faizah, 1402407006 (2011) Keefektifan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Menulis Puisi di Kelas V MI NU 01 Mejasem Timur Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Menulis Puisi di Kelas V MI NU 01 Mejasem Timur Kabupaten Tegal] Microsoft Word (Keefektifan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Menulis Puisi di Kelas V MI NU 01 Mejasem Timur Kabupaten Tegal) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk menumbuhkan apresiasi terhadap karya sastra. Guru harus dapat mengarahkan siswa untuk menghasilkan karya sastra, salah satunya puisi. Berdasarkan pengamatan, pembelajaran bahasa Indonesia dianggap mudah, sehingga seringkali diabaikan. Siswa dianggap akan mudah memahami pembelajaran, baik berupa keterampilannya, maupun pemahaman sastra, khususnya puisi. Pada kenyataannya siswa seringkali enggan dan tidak memiliki minat dan motivasi dalam menulis puisi. Sehingga siswa mengalami kesulitan untuk menulis puisi. Dari hasil pengamatan di kelas, peneliti ingin menguji keefektifan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas V MI NU 01 Mejasem Timur. Penelitian ini berjenis praeksperimen, yaitu model desain perbandingan grup statis. Sebelum melakukan eksperimen, peneliti melakukan uji coba soal sebanyak 2 nomor dan dilakukan perhitungan validitas, reliabitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil perhitungan menunjukkan kedua soal valid, reliabel, tingkat kesukaran sedang, dan daya beda cukup. Untuk menguji kesetaraan kedua kelas, uji normalitas, homogenitas, dan uji T pada nilai UTS. Diperoleh hasil bahwa kedua kelas memiliki rata-rata UTS yang tidak berbeda jauh, normal, homogen, dan tidak ada berbedaan yang signifikan. Setelah kelas dinyatakan setara, peneliti melakukan eksperimen dengan hasil belajar rata-rata untuk kelompok kontrol yaitu 71,92, sedangkan untuk kelompok eksperimen memiliki rata-rata 77,5. Pada nilai hasil belajar dilakukan uji normalitas. Hasilnya kedua data berdistribusi normal dengan signifikansi kelompok eksperimen 0,053 dan kelompok kontrol sebesar 0,082, kemudian dilanjutkan uji homogenitas dan hasil signifikansinya 0,866, artinya kedua kelompok homogen. Kemudian dilanjutkan uji hipotesis melalui uji t. Hasil uji t kedua kelompok memiliki perbedaan yang signifikan dengan taraf signifikansi sebesar 0,003. Maka Ho, yaitu tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran menulis puisi dengan pendekatan kontekstual dan pembelajaran menulis puisi dengan metode konvensional ditolak. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual efektif untuk digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Pendekatan kontekstual, menulis puisi, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Jul 2012 21:54
Last Modified: 19 Jul 2012 21:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13622

Actions (login required)

View Item View Item