Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Tambahagung 02 Pati dalam menulis cerita Rekaan melalui Pembelajaran Terpadu dengan Menggunakan Media Audio


Endang Setyowati, 1402406097 (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Tambahagung 02 Pati dalam menulis cerita Rekaan melalui Pembelajaran Terpadu dengan Menggunakan Media Audio. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Tambahagung 02 Pati dalam menulis cerita Rekaan melalui Pembelajaran Terpadu dengan Menggunakan Media Audio] Microsoft Word (Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Tambahagung 02 Pati dalam menulis cerita Rekaan melalui Pembelajaran Terpadu dengan Menggunakan Media Audio) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi data yang diperoleh peneliti dilapangan menunjukkan bahwa hasil ulangan siswa kelas IV SD Tambahagung 02 Tambakromo Pati dalam menulis cerita rekaan rata-rata 51 dengan ketuntasan 80% (12 dari 15 siswa). Hal ini disebabkan karena guru dalam memberikan pelajaran cenderung teoritis daripada melatih keterampilan siswa dalam menulis sehingga siswa belum terampil menulis cerita reakan dan siswa kurang termotivasi belajarnya. Rumusan masalah yaitu: (1) Apakah melalui pembelajaran terpadu dengan menggunakan media audio dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam menulis cerita rekaan?; (2) Apakah melalui pembelajaran terpadu dengan menggunakan media audio dapat meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran?; (3) Apakah melalui pembelajaran terpadu dengan menggunakan media audio dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis cerita rekaan?. Tujuan penelitian adalah (1) Tujuan umum, dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia melalui pembelajaran terpadu menggunakan media audio; (2) Tujuan khusus, mendeskripsikan aktivitas siswa, aktivis guru dan hasil belajar siswa dalam menulis cerita rekaan melalui pembelajaran terpadu dengan menggunakan media audio. Penelitian ini dilaksanakan di SD Tambahagung 02, subyek penelitiannya siswa kelas IV sebanyak 15 orang siswa dan guru kelas IV. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus. siklus terbagi dalam empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian pada siklus I, II, dan III menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan aktivitas siswa siklus I 53%, siklus II menjadi 75%, siklus III 90%. Aktivitas guru siklus I 58%, siklus II menjadi 80%, siklus III 92 %. Hasil belajar siswa siklus I persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 67%, setelah siklus II meningkat menjadi 80%, terdapat kenaikan sebesar 13%. Setelah siklus III dilakukan, persentase ketuntasan belajar klasikal juga mengalami peningkatan dari 80% menjadi 93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran terpadu dengan media audio dapat meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Tambahagung 02 Pati dalam menulis cerita rekaan. Saran yang diajukan adalah diharapkan guru menggunakan pembelajaran yang inofatif, dalam menyampaikan pembelajaran sebaiknya menggunakan bahasa yang mudah dipahami siswa dan memberikan nilai sebagai motivasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar dan pembelajaran terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Jul 2012 21:50
Last Modified: 19 Jul 2012 21:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13621

Actions (login required)

View Item View Item