Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Menggunakan Metode Demonstrasi dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas V SD Negeri Mangkangkulon 03 Semarang


Romiyanto, 1401909115 (2011) Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Menggunakan Metode Demonstrasi dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas V SD Negeri Mangkangkulon 03 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Menggunakan Metode Demonstrasi dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas V SD Negeri Mangkangkulon 03 Semarang] Microsoft Word (Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Menggunakan Metode Demonstrasi dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas V SD Negeri Mangkangkulon 03 Semarang) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan siswa kelas V SD Negeri Mangkangkulon 03 Semarang dalam membaca puisi. Hal ini berdasarkan hasil nilai belajar siswa dalam membaca puisi pada prasiklus. Penyebab permasalahan tersebut karena guru dalam menggunakan alat peraga kurang menarik perhatian siswa serta dalam memberikan contoh atau peragaan kurang maksimal. Sehingga siswa merasa bosan, kurang tertarik, serta siswa cenderung pasif. Adapun cara yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menggunakan metode demonstrasi dengan video pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah penggunaan metode demonstrasi dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajarkan membaca puisi?; 2) Apakah penggunaan metode demonstrasi dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas V SD Negeri Mangkangkulon 03 Semarang khususnya dalam pembelajaran membaca puisi?; 3) Apakah penggunaan metode demonstrasi dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Mangkangkulon 03 Semarang khususnya dalam pembelajaran membaca puisi?. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan guru, untuk siklus I dari tujuh indikator, guru memenuhi capaian target pada enam indikator, sedangkan untuk siklus II capaian target dipenuhi pada semua indikator. Demikian halnya dengan aktivitas siswa, untuk siklus I dari delapan indikator, guru memperoleh capaian target di atas 61,00 pada tujuh indikator, sedangkan pada siklus II menjadi delapan indikator. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan, untuk siklus I rata-rata nilai yang diperoleh siswa yaitu 71,52 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87,5%, sedangkan untuk siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa yaitu 82,04 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dengan media video pembelajaran, merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas V SD Negeri Mangkangkulon 03. Bagi pihak-pihak lain yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut, disarankan untuk mengembangkan penggunaan metode demonstrasi dengan media video pembelajaran baik pada mata pelajaran bahasa Indonesia maupun mata pelajaran yang lain karena dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Membaca, Puisi, Metode Demonstrasi, Video Pembelajaran, Keterampilan Guru, Aktivitas Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Jul 2012 21:46
Last Modified: 19 Jul 2012 21:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13620

Actions (login required)

View Item View Item