Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media LKS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pokok Larutan Penyangga Dan Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI IPA”.


Yunita Ika Safitri , 4301405001 (2009) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media LKS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pokok Larutan Penyangga Dan Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI IPA”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media LKS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pokok Larutan Penyangga Dan Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI IPA”.]
Preview
PDF (Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media LKS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pokok Larutan Penyangga Dan Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI IPA”.) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi terhadap pembelajaran kimia di SMA N 1 Kedungwuni Pekalongan mengalami banyak permasalahan yaitu kurangnya ide guru dalam mengembangkan model pembelajaran, guru menjadi pusat pembelajaran sehingga berdampak hasil belajar rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dengan media LKS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi pokok “Larutan Penyangga dan Hidrolisis Garam” siswa kelas XI IPA? Subyek dalam penelitian tindakan kelas ini siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Kedungwuni. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes tertulis (evaluasi), lembar pengamatan guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa serta angket refleksi pembelajaran oleh siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila nilai rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah ≥ 65 dengan persentase ketuntasan secara klasikal 85%. ≥ Berdasarkan hasil tes pada siklus I, nilai rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah yang dicapai siswa 63,59 dengan persentase siswa tuntas sebanyak 16 siswa (47,06%), dan nilai rata-rata aktivitas siswa 2,78 dengan kriteria kinerja siswa cukup baik yaitu rata-rata siswa yang aktif sebanyak 17 siswa (50,33%), sehingga pada siklus 1 indikator keberhasilan belum tercapai. Hasil tes pada siklus 2 menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah yang dicapai siswa 70,71 dengan persentase siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa (64,71%), dan nilai rata-rata aktivitas siswa 3,45 dengan kriteria kinerja siswa sangat baik yaitu rata-rata siswa yang aktif sebanyak 21 siswa (62,59%), sehingga pada siklus 2 indikator keberhasilan belum tercapai. Hasil tes pada siklus 3 menunjukkkan rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah yang dicapai siswa 73,82 dengan persentase siswa tuntas sebanyak 30 siswa (88,26%), dan nilai rata-rata aktivitas siswa 3,73 dengan kriteria kinerja siswa sangat baik yaitu rata-rata siswa aktif sebanyak 25 siswa (72,72%). Pada siklus 3 penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dengan media LKS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok larutan penyangga dan hidrolisis garam siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Kedungwuni Pekalongan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri, kemampuan pemecahan masalah, LKS.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Apr 2011 01:29
Last Modified: 25 Apr 2015 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1362

Actions (login required)

View Item View Item