Pengembangan Pembelajaran Berwawasan Kewirausahaan pada Tema Kebutuhanku di TK ABA 38 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang


Wulan Dwi Hapsari, 1601908019 (2011) Pengembangan Pembelajaran Berwawasan Kewirausahaan pada Tema Kebutuhanku di TK ABA 38 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Pembelajaran Berwawasan Kewirausahaan  pada  Tema  Kebutuhanku di TK ABA 38 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang] Microsoft Word (Pengembangan Pembelajaran Berwawasan Kewirausahaan pada Tema Kebutuhanku di TK ABA 38 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah usaha sadar dalam memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak sejak lahir sampai dengan usia delapan tahun yang dilakukan melalui penyediaan pengalaman dan stimulasi yang kaya dan bersifat mengembangkan secara terpadu agar anak dapat tumbuh kembang secara sehat dan optimal. Membangun jiwa wirausaha pada anak usia dini, harus dilakukan dengan cara melibatkan pada proses wirausaha itu sendiri. Dengan terlibat secara langsung, anak akan mengetahui langkah demi langkah untuk bertanggungjawab, kreatif dan mampu mengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran berwawasan kewirausahaan pada tema kebutuhanku di TK ABA 38 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Secara khusus tujuan penelitian ini mengembangkan rencana kegiatan mingguan dan rencanan kegiatan harian (RKM/RKH) untuk pembelajaran berwawasan kewirausahaan dan guru mampu mengimplementasikan pembelajaran berwawasan kewirausahaan pada tema kebutuhanku. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Fenomena itu bisa berupa bentuk, aktivitas, karakteristik, perubahan, hubungan, kesamaan, dan perbedaan antara fenomena yang satu dengan fenomena lainnya. Hasil yang diperoleh dalam penelitian pembelajaran kewirausahaan pada tema kebutuhanku, anak didik sangat antusias dalam setiap pembelajaran yang disampaikannya. Dengan pembelajaran kewirausahaan pada tema kebutuhanku dapat mengembangkan potensi-potensi anak didik, yang harapanya akan memberikan bekal pada anak didik untuk masa depannya. Simpulan dalam penelitian ini, bahwa dalam perencanaan dan implementasi pembelajaran kewirausahaan harus disesuaikan dengan kebutuhan anak didik, sehingga dalam pembelajaran anak akan termotivasi, karena sesuai dengan apa yang anak didik inginkan. Peneliti menyarankan agar bisa dilakukan pengembangan pembelajaran kewirausahaan pada tema lain serta aspek pengembangan jiwa kewirausahaan yang lain. Disamping itu seluruh komponen lembaga harus mempunyai komitmen yang tinggi untuk mengembangkan pendidikan kewirausahaan pada anak sejak dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, jiwa kewirausahaan, Tema Kebutuhanku, pendidikan anak usia dini.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Jul 2012 06:54
Last Modified: 17 Jul 2012 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13605

Actions (login required)

View Item View Item