Studi Eksperimen tentang Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Biologi pada SMP Negeri 1 Pecangaan Jepara


Heru Kristianto, 1102406050 (2011) Studi Eksperimen tentang Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Biologi pada SMP Negeri 1 Pecangaan Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Eksperimen tentang Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Biologi pada SMP Negeri 1 Pecangaan Jepara ] Microsoft Word (Studi Eksperimen tentang Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Biologi pada SMP Negeri 1 Pecangaan Jepara ) - Published Version
Download (37kB)

Abstract

Mata pelajaran Biologi adalah mata pelajaran yang mempelajari tentang kehidupan alam suatu makhluk hidup. Mata pelajaran Biologi merupakan suatu hasil kegiatan manusia berupa pengetahuan, gagasan, dan konsep yang terorganisir di alam sekitar kita yang diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah. Dalam pembelajaran Biologi siswa harus benar-benar aktif, sehingga akan berdampak positif pada ingatan siswa tentang apa yang telah dipelajari. Pada observasi awal di kelas VIII SMP Negeri 1 Pecangaan Jepara didapati bahwa dalam kegiatan pembelajaran, guru cenderung menggunakan metode ceramah, sehingga siswa kurang menyerap materi yang disampaikan oleh guru. Tidak sedikit pula siswa malah asyik ngobrol dengan teman sekelasnya diluar materi yang diajarkan. Selain itu siswa kurang berperan aktif dan kurang kreatif dalam kegiatan pembelajaran. Dimana siswa yang tuntas belajar <75% dengan KKM yang di tetapkan adalah 70. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar biologi materi pokok pertumbuhan dan perkembangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pecangaan Jepara. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Dari hasil random diperoleh kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar biologi siswa SMP materi pokok pertumbuhan dan perkembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, tes, angket dan observasi. Analisis data terdiri atas analisis tahap awal dan analisis tahap akhir. Analisis tahap awal yaitu uji homogenitas sedangkan analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji hipotesis penelitian, analisis pengaruh antar variabel, penentuan koefisien determinasi, dan analisis data hasil angket dan observasi. Berdasarkan uji normalitas dengan taraf signifikan 5%, diperoleh 2hitung kelompok eksperimen= 6,64 dan kelompok kontrol= 5,59 dengan 2tabel = 11,07. Distribusi data tersebut tidak berbeda dengan distribusi normal, karena 2hitung < 2tabel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Studi Eksperimen, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Jul 2012 06:33
Last Modified: 17 Jul 2012 06:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13601

Actions (login required)

View Item View Item