Persepsi Guru Terhadap Kinerja Kepala Sekolah SMA dan SMK se-kecamatan Turi Kabupaten Sleman
Benni Irawan, 1102406049 (2011) Persepsi Guru Terhadap Kinerja Kepala Sekolah SMA dan SMK se-kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Persepsi Guru Terhadap Kinerja Kepala Sekolah SMA dan SMK se-kecamatan Turi Kabupaten Sleman)
- Published Version
Download (33kB) |
Abstract
Kepala Sekolah sebagai pimpinan tertinggi yang sangat berpengaruh dan menentukan kemajuan sekolah harus memiliki kemampuan administrasi, memiliki komitmen tinggi, dan luwes dalam melaksanakan tugasnya. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang baik harus dapat mengupayakan peningkatan kinerja guru melalui program pembinaan tenaga kependidikan. Kepala Sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.Kepala Sekolah bertanggungjawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan lainnya, dan pendayagunaan serta pememliharaan sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Kepala Sekolah di SMA dan SMK di kecamatan Turi. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru dan Staf yang berada di SMA dan SMK se-Kecamatan Turi. Dari hasil penelitianPersepsi Guru Terhadap Kinerja Kepala Sekolah SMA dan SMK se-Kecamatan Turi diketahui dari 60 guru diperoleh keterangan tentang persepsi guru terhadap kinerja Kepala Sekolah sebagai berikut, 24 guru (40%) memiliki tingkat persepsi guru terhadap kinerja Kepala Sekolah dengan kriteria sangat baik, 30 guru (50%) memiliki tingkat persepsi guru terhadap kinerja Kepala Sekolah dengan kriteria baik, 6 guru (10%) memiliki tingkat persepsi guru terhadap kinerja Kepala Sekolah dengan kriteria kurang, dan 0 guru (0%) memiliki tingkat persepsi guru terhadap kinerja Kepala Sekolah dengan kriteria tidak baik. Secara klasikal persentasi tingkat persepsi guru terhadap kinerja Kepala Sekolah sebesar 76,67% dan termasuk dalam kriteria baik. Berdasarkan Penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Guru Terhadap Kinerja Kepala Sekolah SMA dan SMK se-Kecamatan Turi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Kinerja Kepala Sekolah dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pemimpin. Oleh karenanya, yang perlu dilakukan oleh Kepala Sekolah adalah meningkatkan kualitas guru, yang diantaranya dalam hal membantu siswa mewujudkan tujuan pembelajaran, menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan dan menyertakan contoh dalam kehidupan sehari-hari pada pembelajaran, penguasaan kelas
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Kepala Sekolah,Terhadap Persepsi Guru |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 17 Jul 2012 06:24 |
Last Modified: | 17 Jul 2012 06:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13600 |
Actions (login required)
View Item |