Implementasi Metode Pembelajaran Scramble dengan Bantuan Question and Answer Card dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi pada Siswa Smp Negeri 3 Jepon
Kartono, 1102406043 (2011) Implementasi Metode Pembelajaran Scramble dengan Bantuan Question and Answer Card dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi pada Siswa Smp Negeri 3 Jepon. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Implementasi Metode Pembelajaran Scramble dengan Bantuan Question and Answer Card dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi pada Siswa Smp Negeri 3 Jepon)
- Published Version
Download (35kB) |
Abstract
Mata pelajaran Biologi adalah mata pelajaran yang mempelajari tentang kehidupan alam suatu makhluk hidup. Mata pelajaran Biologi merupakan suatu hasil kegiatan manusia berupa pengetahuan, gagasan, dan konsep yang terorganisir di alam sekitar kita yang diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah. Dalam pembelajaran Biologi siswa harus benar-benar aktif, sehingga akan berdampak positif pada ingatan siswa tentang apa yang telah dipelajari. Pada observasi awal di kelas VII SMP Negeri 3 Jepon didapati bahwa dalam kegiatan pembelajaran, guru cenderung menggunakan metode ceramah, sehingga siswa kurang menyerap materi yang disampaikan oleh guru. Tidak sedikit pula siswa yang malah asik ngobrol dengan teman sebangkunya di luar materi yang diajarkan, selain itu siswa juga kurang berperan aktif dan kurang kreatif dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini membuat hasil belajar siswa rendah, dimana siswa yang tuntas belajar <75% dengan KKM yang ditetapkan adalah 65. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran scramble dengan bantuan question card terhadap hasil belajar biologi materi pokok ekosistem. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jepon. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Dari hasil random diperoleh kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran scramble dengan bantuan question card sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar biologi siswa SMP materi pokok ekosistem. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, tes, angket dan observasi. Analisis data terdiri atas analisis tahap awal dan analisis tahap akhir. Analisis tahap awal yaitu uji homogenitas sedangkan analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji hipotesis penelitian, analisis pengaruh antar variabel, penentuan koefisien determinasi, dan analisis data hasil angket dan observasi. Berdasarkan uji normalitas dengan taraf signifikan 5%, diperoleh 2hitung kelompok eksperimen= 6,83 dan kelompok kontrol= 9,06 dengan 2tabel = 11,07. Distribusi data tersebut tidak berbeda dengan distribusi normal, karena 2hitung < 2tabel. Pada uji hipotesis, dilakukan uji hipotesis penelitian dan diperoleh thitung= 5,003 dan ttabel= 2,02, karena thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran scramble dengan bantuan question card berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Pada proses pembelajaran diharapkan guru dapat memanfaatkan metode pembelajaran Scramble dengan media pembelajaran Question Card pada materi yang lain atau pada mata pelajaran yang lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Guru sebagi fasilitator harus lebih bersifat aktif dalam mengontrol kegiatan pembelajaran siswa terutama pada saat mengerjakan soal latihan agar tidak ada siswa yang menyontek jawaban dari kelompok lain. Kejelian dan telitian seorang guru sangat diperlukan dalam menentukan soal-soal yang akan dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran dan tidak memasukkan soal yang dirasa terlalu mudah sebagai latihan soal dengan menggunakan metode Scramble dengan bantuan Question Card.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Scramble, Question Card, Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 17 Jul 2012 06:21 |
Last Modified: | 17 Jul 2012 06:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13599 |
Actions (login required)
View Item |