Efektivitas Pembelajaran Emosional Parenting Homeshcooling Pada Anak Di Desa Lerep Ungaran


Bowo Catur Saputro, 1102404040 (2011) Efektivitas Pembelajaran Emosional Parenting Homeshcooling Pada Anak Di Desa Lerep Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Emosional Parenting Homeshcooling Pada Anak  Di Desa Lerep Ungaran] Microsoft Word (Efektivitas Pembelajaran Emosional Parenting Homeshcooling Pada Anak Di Desa Lerep Ungaran) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Perkembangan pendidikan menuntut dilakukannya perbaikan sistem yang mampu meminimalisir kelemahan-kelemahan serta kendala yang dihadapi sehingga dapat mengoptimalkan hasil pembelajaran secara maksimal. Salah satu cara untuk meminimalisir kendala yang dihadapi dalam sistem pendidikan adalah dengan menerapkan sistem homeschooling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah model pengasuhan anak yang dilakukan oleh orangtua dalam membangun kecerdasan emosi pada anak terutama di Desa Lerep Ungaran Semarang, apakah metode pembelajaran homeschooling yang telah dilaksanakan di Desa Nglerep Ungaran Semarang efektif dalam membangun kecerdasan emosional anak, serta aspek-aspek apa sajakah yang harus harus diperhatikan dalam membangun kecerdasan emosional anak dalam pendidikan dengan sistem homeschooling? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara kepada informan. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak di Desa Lerep Ungaran Semarang yang melaksanakan program pembelajaran homeschooling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 17 orang. Variabel dalam penelitian ini yaitu Kecerdasan Emosi dan Pembelajaran Homeschooling yang meliputi metode pengasuhan dan lingkungan pengasuhan anak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pengasuhan anak yang dilakukan oleh orangtua dalam membangun kecerdasan emosi anak di Desa Lerep Ungaran Semarang adalah dengan menyisipkannya pada setiap proses pembelajaran yang dilakukan. Melalui proses pendampingan yang berkelanjutan dan dilakukan di rumah, anak lebih dapat dalam pengawasan dan pengarahan orang tua secara langsung sehingga cukup efektif dalam membangun kecerdasan emosional anak. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah agar program emotional parental homescholling dapat dilaksanakan dengan baik diharapkan ada kerjasama yang baik antara anak, orang tua dan lembaga penyelenggara pendidikan, untuk meningkatkan output dari program homescholling diharapkan lembaga penyelenggara menyediakan buku-buku penunjang yang memadai serta orang tua diharapkan dapat menjalankan fungsi sebagai pendidik sekaligus pengajar di rumah dengan baik, sebaiknya dilakukan pelatihan untuk membekali mereka dan difasilitasi oleh dinas pendidikan sebagai pelaksana program pendidikan nasional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Emosional Parenting Homeshcooling
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Jul 2012 06:06
Last Modified: 17 Jul 2012 06:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13596

Actions (login required)

View Item View Item