Hubungan Antara Proses Pembelajaran dan Iklim PPL Dengan Motivasi Belajar Peserta PPL di Balai Pengembangan Multimedia (BPM) Semarang


Rosas Putu Putra Bakry, 1102404020 (2011) Hubungan Antara Proses Pembelajaran dan Iklim PPL Dengan Motivasi Belajar Peserta PPL di Balai Pengembangan Multimedia (BPM) Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of  Hubungan  Antara Proses Pembelajaran dan Iklim PPL Dengan Motivasi Belajar Peserta PPL di Balai Pengembangan Multimedia (BPM) Semarang] Microsoft Word ( Hubungan Antara Proses Pembelajaran dan Iklim PPL Dengan Motivasi Belajar Peserta PPL di Balai Pengembangan Multimedia (BPM) Semarang) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara proses pembelajaran dan iklim PPL di BPM Semarang dengan motivasi belajar peserta PPL. Pembahasan motivasi ini didasarkan pada suatu alasan bahwa motivasi merupakan salah satu prasyarat yang paling penting dalam proses pembelajaran, karena dalam proses pendidikan faktor psikologis peserta PPL peranan utama. Keberhasilan dalam belajar salah satunya ditentukan oleh motivasi yang kuat yang ada dalam diri seseorang. Berdasarkan hal tersebut, maka masalah yang ditampilkan dalam penelitian ini adalah ingin menjawab (1) Seberapa besar hubungan proses pembelajaran dengan motivasi belajar peserta PPL, (2) Seberapa besar hubungan iklim PPL di BPM Semarang dengan motivasi belajar peserta PPL, (3) seberapa besar proses pembelajaran dan iklim PPL di BPM Semarang secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar peserta PPL. Dasar teoritis dalam penelitian ini menggunakan model kampus sebagai suatu sistem sosial yang mengasumsikan bahwa aktivitas, interaksi dan perasaan dalam hubungan mutual antar sesama (pendidik dan peserta didik) dapat dipergunakan sebagai alat untuk menganalisa tingkah laku. Tingkah laku didasarkan pada suatu dorongan atau motivasi yang tidak lepas dari pada kebutuhan. Untuk menunjang model kampus sebagai suatu sistem sosial dalam membahas motivasi belajar, dikaitkan dengan aliran behavioristik yang meliputi teori-teori stimulus-respon dan aliran Gestalt-field yang meliputi tori-teori kognitif dimana kedua aliran tersebut termasuk aliran abad 20. Alat analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah model regresi sederhana dan berganda dengan metode enter; korelasi sederhana, parsial dan berganda. Analisis data ini menggunakan program statistic SPSS dan Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) proses pembelajaran mempunyai peranan 23,72% terhadap motivasi belajar, (2) kontribusi iklim PPL di BPM terhadap motivasi belajar ternyata memberikan peranan yang lebih besar daripada proses pembelajaran, yakni sebesar 37,58%, (3) kontribusi secara bersama-sama antara proses pembelajaran dan iklim PPL terhadap motivasi belajar, ternyata lebih besar daripada secara individual, yaitu sebesar 57,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan interaktif di dalam kampus sebagai suatu sistem sosial yang dituangkan dalam proses pembelajaran dan iklim PPL di BPM Semarang, ternyata efektif untuk meningkatkan motivasi belajar. Mengingat motivasi belajar mempunyai keterkaitan yang signifikan terhadap efektivitas belajar, maka disarankan perlunya pendekatan psikologis dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Iklim PPL, Motivasi Belajar, BPM Semarang
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:21
Last Modified: 17 Jul 2012 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13584

Actions (login required)

View Item View Item