Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Camtasia Studio Dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Pokok Bahasan Microsoft Excel.


Alief Nugroho Wicaksono, 1102404017 (2011) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Camtasia Studio Dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Pokok Bahasan Microsoft Excel. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Camtasia Studio Dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Pokok Bahasan Microsoft Excel.] Microsoft Word (Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Camtasia Studio Dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Pokok Bahasan Microsoft Excel.) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal didapat adanya permasalahan dalam pembelajaran TIK di SMP Taman Dewasa Kudus yaitu pembelajaran masih bersifat konvensional, bersifat teacher centered, guru menggunakan metode ceramah, sangat dominan, dan tidak memperhatikan perbedaan individual siswa. Hal ini membuat siswa kurang tertarik atau bosan mengikuti pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis bermaksud untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan software Camtasia Studio dalam mata pelajaran TIK pokok bahasan Microsoft Excel sebagai salah satu sumber belajar. Dalam penelitian ini, metode yang dipakai adalah metode penelitian R&D. Pengembangan media pembelajaran ini melalui beberapa tahapan yaitu : analisis kebutuhan, pembuatan desain, penyusunan naskah, produksi program, ujicoba dan evaluasi produk, dan revisi produk. Ujicoba produk terhadap guru dan siswa dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk setelah sebelumnya diuji oleh ahli media dan pengkaji materi. Data analisis berupa persentase yang kemudian di transformasikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Media pembelajaran menggunakan software Camtasia Studio untuk mata pelajaran TIK pokok bahasan Microsoft Excel di kelas VIII SMP Taman Dewasa Kudus layak digunakan dalam pembelajaran TIK sebagai media pembelajaran, yaitu dengan melihat hasil analisis angket ahli media adalah sebesar 86.3% (sangat baik). Hasil análisis angket pengkaji materi mendapatkan hasil sebesar 78.8% atau termasuk dalam kategori baik. Hasil análisis angket tanggapan guru menunjukkan bahwa media pembelajaran diterima dengan sangat baik atau layak diterapkan dengan mendapatkan hasil kategori sangat baik (82.1%). Hasil análisis angket siswa menunjukkan media pembelajaran ini diterima baik oleh siswa dengan kategori baik (75.32%). Berdasarkan hasil penelitian dapat dapat disimpulkan media pembelajaran menggunakan software Camtasia Studio untuk mata pelajaran TIK pokok bahasan Microsoft Excel layak digunakan sebagai media pembelajaran TIK di SMP Taman Dewasa Kudus. Penulis juga memberi saran guru sebaiknya lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran untuk mengatasi permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Camtasia Studio, Mata pelajaran TIK
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:17
Last Modified: 17 Jul 2012 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13582

Actions (login required)

View Item View Item