Efektifitas Dinamika Kelompok Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa.


Darminah, 1550406017 (2011) Efektifitas Dinamika Kelompok Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektifitas Dinamika Kelompok Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa] Microsoft Word (Efektifitas Dinamika Kelompok Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Manusia tidak bisa terhindar dari kehidupan berkelompok baik kelompok formal maupun non formal. Oleh karena itu seorang individu harus memiliki keterampilan untuk bersatu dalam kelompok yaitu dengan berkomunikasi. Kohesifitas kelompok akan mudah terbentuk jika komunikasi dalam kelompok berjalan secara efektif, komunikasi yang menjadi dasar dalam pembentukan kohesifitas kelompok ini adalah komunikasi interpersonal yang merupakan proses transfer informasi dari satu individu ke individu lain secara langsung untuk memberikan perubahan pada sikap dan tingkah laku. Keterampilan komunikasi interpersonal ini dapat ditingkatkan melalui sebuah treatmen, salah satunya adalah pelatihan dinamika kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efek pelatihan dinamika kelompok terhadap komunikasi interpersonal pada mahasiswa fungsionaris Dynamic dan The Green Scientists Society. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-posstest control group design. Subjek penelitian ini adalah anggota Dynamic dan The Geen Scientists Society yang memiliki tingkat komunikasi interpersonal rendah sebanyak 11 subjek untuk kelompok eksperimen dan 12 kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan skala komunikasi interpersonal sebanyak 80 item. Teknik uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas dilakukan dengan rumus alpha cronbach. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametrik Wilcoxon-Mann Whitney. Hasil validitas instrumen skala komunikasi interpersonal diperoleh 44 aitem valid dan koefisien reliabilitasnya 0,897. Hasil analisis data untuk menguji hipotesis dengan menggunakan taknik Gain Value menunjukkan ada perbedaan tingkat komunikasi interpersonal pada pretest dan posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol taraf signifikansi 0,026. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelatihan dinamika kelompok mampu meningkatkan komunikasi interpersonal pada mahasiswa anggota Dynamic dan The Green Scientists Society Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Peneliti menyarankan kepada kedua lembaga tersebut untuk melakukan tindak lanjut seperti melakukan up grading anggota dan memberi pelatihan terkait dengan teamwork.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Pelatihan, Dinamika Kelompok
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Jul 2012 03:59
Last Modified: 17 Jul 2012 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13573

Actions (login required)

View Item View Item