Studi Deskriptif Profil Kebutuhan Mahasiswa Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang


Novia Hesti Nurreni, 1550404028 (2011) Studi Deskriptif Profil Kebutuhan Mahasiswa Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Deskriptif Profil Kebutuhan Mahasiswa Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang] Microsoft Word (Studi Deskriptif Profil Kebutuhan Mahasiswa Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Mahasiswa sebagai penerus bangsa diharapkan memiliki motivasi berprestasi yang tinggi yang ditunjukkan dengan semangat hidup yang tinggi, ulet, optimis dan memiliki dorongan untuk meraih sukses. Mahasiswa dituntut untuk berprestasi dan lulus tepat waktu, namun banyak permasalahan yang dihadapi mahasiswa selama menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi. Permasalahan muncul dari faktor internal maupun faktor eksternal mahasiswa, sehingga membuat mereka memiliki kebutuhan-kebutuhan yang berbeda antara mahasiswa satu dengan yang lain. Kebutuhan-kebutuhan tersebut memberikan kontribusi terhadap perilaku mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kebutuhan mahasiswa psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa psikologi yang dinyatakan masih aktif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stratified Random Sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 76 mahasiswa. Variabel dalam penelitian ini adalah kebutuhan mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes psikologi yaitu tes EPPS. Data diolah dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan psikologis yang tergolong tinggi atau baik adalah need for nurturance (kebutuhan untuk bisa menyenangkan orang lain), need for intraception (kebutuhan untuk berempati terhadap kebutuhan orang lain), need for change (kebutuhan akan adanya perubahan), need for achievement (kebutuhan untuk berprestasi), need for endurance (kebutuhan untuk bertahan dalam menyelesaikan tugas), dan need of affiliation (kebutuhan akan hubungan pertemanan). Kebutuhan yang tergolong rendah atau kurang adalah need for heterosexual (kebutuhan untuk memberikan perhatian terhadap lawan jenis). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan profil kebutuhan psikologis antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Kebutuhan psikologis yang tergolong tinggi pada mahasiswa laki-laki adalah kebutuhan akan achievement, intraception, dominance, nurturance, endurance, dan heterosexual. Sedangkan, kebutuhan psikologis yang kurang adalah kebutuhan akan succorance. Pada mahasiswa perempuan, kebutuhan psikologis yang tinggi adalah kebutuhan akan achievement, affiliation, intraception, nurturance, dan endurance. Sedangkan, kebutuhan psikologis yang kurang adalah kebutuhan akan heterosexual dan deference.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Profil Kebutuhan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Jul 2012 03:57
Last Modified: 17 Jul 2012 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13571

Actions (login required)

View Item View Item